Sukses

Polisi Ringkus Kelompok Hacker Penjebol 600 Website di Surabaya

Pelaku berinsial KPS dibekuk di kawasan Sawahan, Kota Surabaya. Dia merupakan pendiri dan anggota dari kelompok SBH.

Liputan6.com, Jakarta - Subdit IV Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya meringkus dua orang peretas atau hacker di daerah Surabaya. Mereka merupakan bagian dari kelompok dengan nama SBH yang melakukan tindak kejahatan dengan membobol 600 website dalam dan luar negeri.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono menyampaikan, target sebenarnya ada enam orang. Namun baru dua saja yang berhasil dibekuk.

"Mereka menjebol sistem pengamanan (dengan cara hacking) dari sistem elektronik milik orang lain. Kemudian mengancam atau menakut-nakuti dengan meminta sejumlah uang," tutur Argo dalam keterangan tertulisnya, Senin (12/3/2018).

Menurut Argo, pelaku berinsial KPS dibekuk di kawasan Sawahan, Kota Surabaya. Dia merupakan pendiri dan anggota dari kelompok SBH.

"Dia meminta sejumlah uang melalui metode pembayaran akun PayPal dan Bitcoin dengan alasan biaya jasa," jelas dia.

Sementara satu pelaku lain berinsial NA diamankan di Gubeng, Surabaya. Dia juga berperan sebagai peretas dan turut memeras korbannya dalam bentuk uang PayPal dan Bitcoin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.