Perlu, Digitalisasi Arsip Surat Kabar

on

Liputan6.com, Yogyakarta: Pustakawan Universitas Cornell Amerika Serikat Jeffrey Petersen mengatakan, digitalisasi arsip artikel dan berita surat kabar perlu dilakukan untuk memudahkan akses informasi bagi mahasiswa dan masyarakat. "Digitalisasi surat kabar itu juga untuk mengatasi keterbatasan ruang penyimpanan surat kabar di perpustakaan," katanya di Perpustakaan Universitas Gadjah Mada,Yogyakarta, Jumat (27/5).

Pada diskusi arsip digital itu Petersen mengatakan, mengoleksi berbagai macam surat kabar cetak, perpustakaan membutuhkan banyak ruang. Padahal, ruang perpustakaan sangat terbatas. Karena itu, perlu dikemas dan mengarsipkannya menjadi file digital yang dapat diakses dan disimpan dalam perangkat lunak komputer.

Petersen mengatakan, digitalisasi surat kabar juga dapat mengatasi permasalahan turunnya anggaran di perpustakaan-perpustakaan universitas di Amerika Serikat. Digitalisasi mampu meminimalkan anggaran untuk membeli surat kabar. "Kami berencana membangun kerja sama dengan universitas di Indonesia dalam digitalisasi arsip artikel dan berita dari surat kabar Indonesia," katanya. (ANT/TOW)








Suka artikel ini?

0 Comments