Sukses

Dirjen Dukcapil Tegaskan Tak Ada Kebocoran Data Kependudukan

Masyarakat diimbau lebih berhati-hati dengan tidak mengunggah sembarang KTP atau NIK mereka di sosial media.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh menegaskan, tidak ada kebocoran dalam sistem data KTP masyarakat di instansinya.

"Data di Dukcapil Kemendagri tidak ada kebocoran apapun," tegas Zudan dalam diskusi di bilangan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (9/3/2018).

Terkait masih adanya oknum yang kerap mengganggu dengan pesan penipuan, dan bersumber pada data pribadi, Zudan mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati dengan tidak mengunggah sembaran KTP atau NIK mereka di sosial media.

"Karena saya sering lihat di google banyak itu nomor Kartu Keluarga, KTP ya, secara sengaja atau tidak, jadi saran saya jangan sampai itu menyebar," terang dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lapor Call Center

Terkait kegagalan pendaftaran registrasi SIM card provider ponsel karena ketidakcocokan nomer NIK dan KK, Zudan meminta agar publik secara aktif bisa melapor ke call centre instansinya.

"Jadi telpon kami, di 1537. Kami akan bantu dan ketahui gangguan apa yang terjadi," dia menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini