Sukses

Bahas Asian Para Games 2018, Menko PMK Gelar Rapat Tingkat Menteri

Asian Para Games 2018 ini akan diikuti 43 negara, 5.000 atlet dengan 576 nomor pertandingan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menggelar rapat tingkat menteri terkait Persiapan Pelaksanaan Asian Para Games 2018 atau pertandingan khusus bagi para atlet berkebutuhan khusus (difabel).

Rapat dihadiri Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, Ketua Umum Indonesian Para Games Organizing Committee (Inapgoc) Raja Sapta Oktohari, dan Ketua Umum National Paralympic Committee (NPC) Senny Marbun.

Usai rapat yang digelar tertutup, Puan mengatakan Indonesia siap melaksanakan Asian Para Games 2018.

"Baru selesai dilaksanakan koordinasi berkaitan pelaksanaan Asian Para Games yang akan dilaksanakan setelah Asian Games pada tanggal 6 Oktober sampai dengan 13 Oktober 2018 namanya Indonesia Asian Para Games 2018," ujar Puan di Kantor Kemenko PMK Jakarta, Jumat (9/3/2018).

Dia menjelaskan, Asian Para Games 2018 ini akan diikuti 43 negara, 5.000 atlet dengan 576 nomor pertandingan.

"Tentu saja Asian Para Games ini merupakan kelanjutan dari Asian Games yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus sampai dengan 2 September," ucap Puan.

Mengingat pentingnya pertandingan ini, menurut Puan, Indonesia juga bersiap dengan atlet-atlet difabel pilihannya agar dapat memenangkan banyak nomor pertandingan di Asian Para Games 2018.

"Di mana semua hal yang berkaitan dengan persiapan ini tentu saja yang paling penting juga berkaitan dengan prestasi dari atlet-atlet kita untuk bisa ikut memberikan kontribusi medali sesuai dengan yang kita harapkan," kata Puan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Banyak Sumbang Emas

Puan mengatakan, yang paling penting dan membanggakan, pada Asian Para Games 2017, para atlet difabel tanah air banyak menyumbangkan medali emas.

"Tentu saja kami berharap prestasi itu akan tetap dipertahankan, bahkan mungkin bertambah pada pelaksanaan Asian Para Games yang akan dilaksanakan di Jakarta, hanya di Jakarta saja dengan venue di GBK," terang dia.

Untuk test event, kata Puan, akan dilaksanakan pada 30 Juni sampai 3 Juli 2018 dengan cabang olahraga seperti basket, tenis meja, atletik, dan renang.

"Insyaallah kalau di sana bisa berjalan baik pelaksanaan Asian Para Games ini tentu saja bisa berjalan dengan baik," jelas Puan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.