Sukses

Luapan Sungai Citarum Kembali Rendam Ribuan Rumah di Bandung

Menurut warga, banjir kali ini merupakan banjir terparah sepanjang 2018.

Liputan6.com, Bandung - Lebih dari 4.000 bangunan rumah dan fasilitas umum lainnya kembali terendam banjir di tiga kecamatan, yaitu Dayeuhkolot, Baleendah, dan Bojongsoang, Kabupaten Bandung. Padahal dua hari sebelumnya, banjir sudah berangsur surut dan sebagian warga sudah kembali dari pengungsian.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Jumat (9/3/2018), akibat banjir ini aktivitas warga kembali terganggu. Mereka harus kembali dievakuasi menggunakan perahu karena akses jalan terputus. Menurut warga, banjir kali ini merupakan banjir terparah sepanjang 2018.

Curah hujan tinggi terutama di wilayah hulu seperti Majalaya dan Pangalengan memicu terjadinya banjir karena sungai dan sejumlah anak Sungai Citarum meluap.

Sementara itu, ratusan rumah di Situbondo, Jawa Timur, diterjang banjir bandang. Warga panik dan berhamburan saat mengetahui air sungai di desa mereka tiba-tiba meluap dan masuk ke dalam rumah.

Banjir terjadi setelah daerah pegunungan diguyur hujan deras. Warga yang tinggal di bantaran sungai telah mengungsi karena khawatir terjadi banjir susulan.