Sukses

Hasto PDIP: Pernyataan Ketua KPK Bawa Dampak Secara Politik

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo menegaskan sinyal bakal ada petahana di Pilkada Serentak 2018 yang tersandung kasus korupsi.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua KPK Agus Rahardjo menegaskan sinyal bakal ada petahana di Pilkada Serentak 2018 yang tersandung kasus korupsi. Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan pernyataan yang dilontarkan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi itu membawa dampak secara politik.

"Apapun pernyataan Ketua KPK itu punya implikasi secara politik," ucap Hasto di kampus IPDN, Jatinagor, Jawa Barat, Kamis 8 Maret 2018.

Dia menuturkan, bukan hanya KPK, tapi seluruh penegak hukum, bisa berdisiplin dalam menyampaikan sesuatu ke publik. Ketua KPK seharusnya bisa mengedepankan prinsip keadilan.

"Harus mengedepankan prinsip keadilan. Jangan dilakukan adjustment melalui pernyataan di publik, sebelum fakta hukum disampaikan pengadilan itu sendiri," ungkap Hasto.

Namun, dia menyadari apa yang disampaikan Agus tersebut tentu bukan asal bicara. Ketua KPK pasti menggunakan data yang dimiliki lembaganya.

"Tapi tentu saja pernyataan Ketua KPK itu beliau punya data untuk sampaikan hal tersebut," tutur Hasto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Konsisten

Dia pun mengungkapkan PDIP konsisten tidak akan mencalonkan tokoh yang tak berstatus tersangka. Karena ini bagian mendukung pemberantasan korupsi.

"PDIP konsisten tidak pernah mencalonkan mereka yang berstatus tersangka. Karena ini bagian komitmen kami, termasuk KPK untuk memberantas korupsi," pungkas Hasto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.