Sukses

Insentif Rp 10 Ribu per Lembar Tilang, Polantas Diminta Tak Cari Kesalahan

Dirlantas Polda Metro Jaya meminta anggotanya tak lagi memungut sejumlah uang kepada pengendara yang ditilang.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Halim Pagarra geram dengan video viral beberapa waktu lalu. Pasalnya, isinya menunjukkan aksi tak terpuji dua anggotanya dari satuan lalu lintas Polres Jakarta Barat.

Mereka memalak dan menghina pengemudi kendaraan roda dua yang melakukan pelanggaran lalu lintas. Padahal, menurut Halim, ada insentif bagi setiap lembar tilang yang dikeluarkan anggotanya.

"Setiap surat tilang yang dikeluarkan itu anggota mendapatkan insentif Rp 10.000 per lembar tilang," kata Halim ketika dikonfirmasi, Kamis (8/3).

Kata Halim, per hari jumlah surat tilang yang dikeluarkan di jajaran wilayah Polda Metro Jaya mencapai kurang lebih 2.000 lembar. Karena itu, Halim meminta anggotanya tak lagi memungut sejumlah uang kepada pengendara yang ditilang.

"Saya perintahkan agar seluruh anggota tetap menjunjung Promoter (Profesional, Moderen, dan Terpercaya). Jangan mencari-cari kesalahan pengendara. Rezeki telah diatur Tuhan di mana pun kita berada," tegasnya.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis langsung bertindak tegas terhadap anggota lalu lintas yang diduga melakukan pemalakan terhadap pengemudi bernama Reza (21). Hal ini merupakan sebagai bentuk ketegasannya dalam segala aturan.

"Sudah saya tindak anggotanya dan saya mutasi," ujar Idham saat dikonfirmasi, Rabu (7/3/2018) malam.

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.