Sukses

4 Fakta Pesawat yang Ditemukan di Hutan Setelah Jatuh 26 Tahun Lalu

Lokasi penemuan pesawat berada di hutan perbatasan antara Atinggola dan Bolangmongondow, Kabupaten Bolmut.

Liputan6.com, Jakarta - Berniat mencari sarang burung walet di hutan, delapan warga Desa Mongoilo, Gorontalo, malah menemukan bangkai pesawat. Penemuan barang rongsokan burung besi itu berlangsung tak sengaja.

Lokasi penemuan berada di hutan perbatasan antara Atinggola dan Bolangmongondow, Kabupaten Bolmut. Kala itu, para pencari sarang burung walet tengah beristirahat di sebuah bukit. Tiba-tiba ada yang melihat benda berwarna putih mirip pesawat.

"Karena penasaran, kami langsung bergegas mendatangi benda itu," ujar Uyun yang ikut rombongan itu, Rabu (7/3/2018).

Usai didekati, dugaan mereka terbukti. Benda itu merupakan bangkai pesawat yang bertuliskan Merpati. Mereka lantas mengabadikan benda itu dengan kamera ponsel.

"Melihat hal itu, salah satu dari kami langsung mengambil sebuah HP dan mengabadikan monen tersebut," jelas Uyun.

Dari informasi yang dihimpun Liputan6.com, ada deretan fakta terkait dengan penemuan bangkai pesawat tersebut. Apa saja?

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Dipenuhi Belukar

Warga mengungkapkan, kondisi bangkai pesawat tersebut dalam keadaan mengenaskan. Seluruh bodinya rusak.

Bahkan bangkai pesawat itu telah dililit belukar. Di sekitar bangkai pesawat itu, bahkan ditumbuhi pohon besar.

 

3 dari 5 halaman

2. Pesawat Jatuh 1992

Berdasarkan penelusuran Liputan6.com, bangkai pesawat itu merupakan Pesawat NC-212 'Karaupa' Merpati beregistrasi PK-NCY dengan nomor penerbangan MZ 7970.

Pesawat itu jatuh pada Rabu sore, 31 Januari 1992, saat terbang dari Luwuk ke Manado.

Otoritas Bandara Sam Ratulangi, Wensy Malonda, mengonfirmasi kebenaran data itu. "Benar pernah terjadi kasus pesawat jatuh di wilayah Hutan Bolmut tahun 1992, namun kasusnya sudah ditutup."

 

4 dari 5 halaman

3. Penumpang Selamat

Otoritas Bandara Sam Ratulangi Wensy Malonda menyatakan, pesawat jurusan Manado-Gorontalo itu jatuh di hutan wilayah antara Gorontalo dan Bolmut. Tak ada korban tewas dalam kejadian itu.

"Seluruh penumpang berhasil dievakuasi dan selamat. Jadi tinggal bangkai pesawat saja yang sengaja ditinggal karena medan berat dan kasusnya telah ditutup," jelasnya.

 

5 dari 5 halaman

4. Angkut 18 Penumpang

Dari beberapa sumber menyebutkan, pesawat itu terbang dari Luwuk ke Manado berpenumpang 18 orang. Pesawat itu dilaporkan telah mendarat darurat di hutan wilayah Gorontalo (sebelum berpisah dengan Sulut).

Wensy sudah mencocokkan kode dan jenis bangkai pesawat yang ditemukan delapan warga pencari sarang walet tersebut. Bangkai pesawat itu memang sengaja ditinggal karena medan yang sulit untuk melakukan evakuasi.

"Bangkai pesawat yang ditemukan warga itu adalah pesawat Merpati PK NCY yang jatuh 1992, seluruh penumpangnya dinyatakan selamat. Jadi kami pastikan itu adalah bangkai pesawat yang jatuh pada 1992 silam. Saat ini kasusnya sudah ditutup," terangnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.