Sukses

BMKG: Waspada Potensi Hujan Lebat Meningkat 7-10 Maret Ini

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan potensi hujan lebat meningkat selama 7-10 Maret 2018 di sejumlah wilayah Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan potensi hujan lebat meningkat selama 7-10 Maret 2018 di sejumlah wilayah Indonesia. Ini disebabkan oleh adanya aliran udara basah dari Samudera Hindia ke Tanah Air. 

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono Rahadi Prabowo menuturkan wilayah yang berpotensi hujan lebat antara lain DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur.

"Begitu juga di Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten," ujar Mulyono, dalam siaran pers BMKG, Rabu (7/3/2018).

Potensi hujan lebat juga meningkat di Kalimantan Tengah bagian selatan, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku, dan Papua Barat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Imbauan

Oleh karena itu, dia mengimbau agar masyarakat waspada. Terutama, yang tinggal di daerah yang rawan banjir dan longsor.

"Waspada potensi genangan, banjir maupun longsor bagi yang tinggal di wilayah berpotensi hujan lebat terutama di daerah rawan banjir dan longsor," kata Mulyono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.
    Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.

    Cuaca Ekstrem

  • Hujan

  • hujan lebat