Sukses

Wiranto: Rapat Koordinasi Lengkap soal Pemilu Digelar Pekan Depan

Wiranto menegaskan, tujuan kedatangannya ke KPU untuk komunikasi dan koordinasi demi menyukseskan jalannya Pilkada 2018 dan Pemilu 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Menko Polhukam Wiranto menyambangi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) siang ini. Setelah pertemuan tertutup berjalan dengan sejumlah Komisioner KPU, Wiranto menuturkan hasil pertemuan dengan didampingi Ketua KPU Arief Budiman.

Wiranto mengatakan, KPU dan sejumlah menteri dari lembaga terkait akan mengadakan rapat koordinasi untuk menyelesaikan berbagai kekurangan dalam persiapan pilkada dan pemilu pada pekan depan.

"Minggu depan kita akan ada satu rapat koordinasi lengkap. Menjelang pemilu serentak maupun pileg, pilpres," ucap Wiranto di Kantor KPU Pusat, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (6/2/2018).

Wiranto menegaskan, tujuan kedatangannya ke KPU untuk komunikasi dan koordinasi demi menyukseskan jalannya Pilkada 2018 dan Pemilu 2019.

Dia menjelaskan, suksesnya pilkada dan pemilu merupakan tugas bersama banyak pihak. Bukan hanya pihak Bawaslu, KPU Pusat atau KPUD setempat, namun pihak pemerintah sebagai fasilitator dalam pemilu pun memiliki peran sama.

"Nah ini butuh persiapan dan persiapan sudah dilakukan, tetapi kita ingin supaya persiapan itu ada sinkronisasi dengan penyelenggara pemilu dan pemerintah sebagai fasilitator dalam pemilu," ujar Wiranto.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Duduk Bersama

Ketua Dewan Pembina Partai Hanura itu menyadari, dalam persiapan pemilu masih ditemukan kekurangan dan hal-hal yang saling dikoordinasikan. Kekurangan dan permasalahan dapat dipecahkan jika duduk bersama.

"Tapi kita ingin agar kekurangan, ketidaksempurnaan, bisa kita selesaikan dulu sebelum pemilu dilaksanakan, itulah saya kemari," kata dia.

Dia menuturkan, akan menjelaskan secara lengkap masalah-masalah apa saja yang menurutnya masih menjadi persoalan dalam penyelenggaraan pemilu mendatang. Salah satunya mengenai penyiapan fasilitas.

"Jumlah anggota, kemudian juga logistik yang masih harus didorong dengn baik kemudian beberapa daerah yang e-KTP nya masih perlu perhatian khusus banyak yang harus diselesaikan. Ini merupakan tugas kita bersama," Wiranto menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.