Sukses

AHY: Calon di Pilpres 2019, Tunggu Tanggal Mainnya

AHY mengatakan, Partai Demokrat akan berkoalisi dengan partai lain dalam menghadapi Pilpres 2019.

Liputan6.com, Jakarta Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Pemenangan Pemilu Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY, memastikan, partainya dalam waktu dekat akan mengambil keputusan terkait tokoh yang akan dicalonkan untuk Pilpres 2019.

Menurut AHY, kemungkinan partainya mengusung Joko Widodo atau Jokowi sebagai capres bisa saja terjadi.

"Dalam politik, segala sesuatunya mungkin. Walaupun hari ini belum ada memiliki sebuah sikap khusus terkait siapa yang akan diusung, tetapi pada akhirnya kapan itu tunggu tanggal mainnya," kata AHY usai menemui Presiden Jokowi di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (6/3/2018).

Yang pasti, kata AHY, Demokrat akan berkoalisi dengan partai lain menghadapi Pilpres 2019. Sebab, Demokrat tidak memiliki cukup suara untuk memajukan capres tunggal.

"Karena ingat, berdasarkan PT (presidential threshold) 20 persen, Demokrat tidak bisa sendirian. Demokrat hari ini memegang tiket 10 persen lebih sedikit. Oleh karena itu koalisinya tentu akan dipertimbangkan," ucap AHY.

Dia juga tidak bisa memastikan apakah Rapimnas Demokrat nanti akan mengumumkan nama capres. Sebab, rapimnas akan membahas tentang kesiapan kader dalam menghadapi Pemilu 2019.

"Tema besarnya adalah Demokrat siap. Menunjukkan kesiapan secara psikis secara fisik di lapangan, kader-kader demokrat di lapangan untuk menyukseskan pemilu 2019," ujar AHY.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Demokrat Undang Jokowi ke Rapimnas

Sebelumnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) datang menemui Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan.

Ia mengatakan partainya bermaksud mengundang Jokowi dalam acara Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) yang akan digelar di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat.

"Kami berharap kehadiran beliau di tengah-tengah seluruh kader dalam Rapimnas, beliau (presiden) insyaallah hadir pada 10 ‎Maret yang akan datang," kata AHY usai pertemuan dengan Jokowi di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (6/3/2018).

Menurut AHY, Jokowi bersedia hadir dalam acara Rapimnas pada 10 dan 11 Maret 2018. "Insyaallah bersedia hadir," ucap AHY.

Selain mengundang Jokowi ke Rapimnas Demokrat, AHY mengaku dirinya berdiskusi tentang kebangsaan dengan Kepala Negara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.