Sukses

Akhirnya, Ratu Elizabeth Berkunjung ke Irlandia

Ratu Elizabeth II tetap berkunjung ke Irlandia dengan pengawalan ketat meskipun dibayang-bayangi teror bom.

Liputan6.com, Dublin: Setelah mendapat teror bom saat memulai kunjungannya ke Irlandia, Ratu Elizabeth II akhirnya tetap melangkahkan kakinya ke Dublin dengan pengawalan ketat, Selasa (17/5). Ratu Inggris dan suaminya, Duke of Edinburgh, disambut Wakil Perdana Menteri Eamon Gilmore Irlandia.

Ratu Elizabeth dikawal 10 ribu polisi dan pasukan keamanan. Ia mengunjungi Irlandia untuk merayakan keberhasilan Perjanjian Perdamaian 1998 antara Inggris dan Irlandia.

Kunjungan ratu disambut mayoritas rakyat Irlandia. Namun, beberapa orang berpendapat bahwa kunjungan ratu tersebut dinilai skeptis dan tidak memberikan manfaat. Hal itu karena enam wilayah di Irlandia Utara tetap menjadi bagian dari Inggris Raya.

Ratu Elizabeth menjadi penguasa Inggris pertama yang menginjakkan kaki di republik itu sejak Raja George V pada 1911. Saat itu Irlandia masih di berada di bawah kekuasaan Inggris.(Xinhua/ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.