Sukses

Anies Jamin Kesetaraan dalam Penataan Jalan Sudirman-Thamrin

Pemprov DKI Jakarta meluncurkan konsep penataan jalan dan trotoar di Sudirman dan Thamrin.

Liputan6.com, Jakarta Pemprov DKI Jakarta meluncurkan konsep penataan jalan dan trotoar di Sudirman dan Thamrin. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan kesetaraan dalam penataan tersebut.

"Jakarta harus toleran kepada semua orang," ujar Anies Baswedan saat sambutan di Balai Kota Jakarta, Selasa (6/3/2018).

Anies ingin jalan protokol Sudirman hingga Thamrin bisa dinikmati semua kalangan.

Untuk itu, ada peraturan yang dihapuskan oleh Anies seperti larangan lewat bagi sepeda motor. Beberapa fasilitas bagi penyandang disabilitas juga dibangun oleh Pemprov DKI.

Selain itu, Pemprov DKI akan melebarkan ruas trotoar di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin dan sebaliknya. Tak hanya trotoar, jalur mobil dan juga jalur Transjakarta akan mengalami pembenahan.

"Dalam konsepnya, kita akan memiliki 1 jalur untuk Transjakarta, tiga jalur untuk kendaraan roda empat dan satu jalur untuk kendaraan roda dua dan kendaraan umum lainnya," jelas Anies.

Mantan Mendikbud ini juga menegaskan, trotoar di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin akan steril dari pedagang kaki lima. Dia akan merelokasi pedagang di area sekitar gedung-gedung di kawasan Sudirman-Thamrin.

"Penataan PKL itu kita atur tersendiri karena banyak wilayah-wilayah di belakang sana yang bisa dipakai, di wilayah belakang gedung-gedung di samping kanan kiri gedung," tegas Anies Baswedan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selesai Sebelum Asian Games 2018

Pemprov DKI juga berencana mendirikan beberapa kios di kawasan Thamrin-Sudirman. Kendati demikian, kios tersebut tidak digunakan untuk berjualan makanan atau minuman.

"Kios-kios itu penunjang orang-orang yang berlalu lalang di tempat itu seperti kios majalah, koran, atau penjualan kartu TransJakarta," terang Anies. Pemprov menambahkan fasilitas toilet umum di kawasan tersebut.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Yuzmada Faizal menargetkan penataan ini selesai sebelum pelaksanaan Asian Games tepatnya pada Juli akhir.

"Waktu kita targetkan sebelum Asian Games sudah selesai," beber Yuzmada. Saat ini pun penataan kawasan Thamrin-Sudirman ini memulai tahap pembongkaran.

Untuk konsep yang lebih detail, Anies meminta masyarakat melihat dari video yang akan diunggah di akun Youtube Pemprov DKI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.