Sukses

Ketika Gerbong Kereta Jadi Medium Batik

Seni batik tak hanya menggunakan medium kain seperti yang biasa Anda lihat. Gerbong kereta pun bisa menjadi media karya batik. Kreasi batik di gerbong kereta ini milik PT KAI DAOP VI Yogyakarta.

Liputan6.com, Yogyakarta: Seni batik tak hanya menggunakan medium kain seperti yang biasa Anda lihat. Gerbong kereta pun bisa menjadi media karya batik. Kreasi batik di gerbong kereta ini milik PT KAI DAOP VI Yogyakarta.

Gerbong kereta bergambar batik ini menghiasi gerbong restorasi. Motifnya beragam. Ada yang bermotif Langlang Jagag dengan ornamen alam, satwa, hingga benda-benda luar angkasa. Warna dasar hitam dan putih terlihat cocok. Sementara, gerbong yang berwarna dasar kuning dihiasi dengan batik bermotif Singo Barong yang menjadi khas Cirebonan.

Batik gerbong kereta ini digarap sekitar dua mingguan dengan menggunakan teknik tempel seperti stiker. Meski hanya ditempel, tapi motif batik ini bisa tahan lama karena menggunakan bahan antigores.

Kereta dengan dua gerbong berhiaskan batik ini akan mulai dioperasikan bersama rangkaian kereta eksekutif Argolawu, jurusan Jakarta-Solo. Selain Argolawu, gerbong batik juga akan masuk dalam rangkaian kereta Argojati jurusan Jakarta-Cirebon.

Kepala Humas PT KAI DAOP VI Yogyakarta, Eko Budiyarto mengatakan, alasan utama menghias gerbong dengan motif batik ini sederhana saja. Selain karena rasa tanggung jawab terhadap kelestarian batik sebagai warisan budaya bangsa, juga bertujuan untuk memberikan nuansa baru agar lebih menarik calon penumpang. (Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.