Sukses

Titik Api Menyebar Ke Enam Kabupaten

Satelit National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) mencatat kebakaran lahan sudah meluas ke enam kabupaten Provinsi Riau.

Liputan6.com, Pekanbaru: Kabut asap yang menyelimuti kawasan Provinsi Riau daratan sejak beberapa hari terakhir dipastikan karena kobaran api yang melalap sejumlah lahan gambut. Satelit National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) pada Jumat (13/5), mencatat kebakaran lahan sudah meluas ke enam kabupaten.

Jumlah titik api berkisar dari 9-90 titik. Menurut warga, api membesar sejak dua hari terakhir karena tak ada upaya pemadaman berarti. Sulitnya menjangkau lokasi ditambah susahnya sumber air menyebabkan kebakaran meluas. Sejumlah areal warga termasuk hutan yang akan digunakan untuk hutan tanaman industri juga terbakar.

Pemerintah Provinsi Riau mengeluarkan imbauan kepada warga terutama mereka yang tinggal di kawasan lahan gambut untuk sangat berhati-hati dan waspada. Suhu di Riau yang mencapai 36,5 derajat Celcius ditambah tidak turunnya hujan, dikhawatirkan akan semakin menempatkan daerah tersebut sebagai kawasan rawan kebakaran lahan.

Kabut asap yang menyungkup Riau bahkan dilaporkan sudah mengganggu jadual penerbangan di Bandar Udara Sultan Syarif Kasim Dua Pekanbaru dan Bandara Pinang Kampai, Dumai. Dua penerbangan komersil di Bandara Sultan Syarif Kasim  II Pekanbaru sempat tertunda akibat kabut asap sisa kebakaran hutan dan lahan gambut.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini