Sukses

Pimpin Pawai Cap Gomeh, Menteri Puan Naik Kapal Laksamana Ceng Ho

Sebelumnya, Menteri PMK, Puan Maharani membuka rangkaian acara Cap Go Meh di Jakarta Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Karnaval Nusantara Cap Go Meh di Glodok, Jakarta Barat, dimeriahkan oleh sejumlah pejabat negara. Salah satunya Menko PMK Puan Maharani. Bahkan, ia ikut dalam rangkaian pawai budaya ini.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Puan langsung menaiki salah satu mobil yang dihias layaknya kapal milik Laksamana Cheng Ho, Minggu (4/3/2018). Aksi ini dilakukan sesaat setelah Puan membuka karnaval dengan menabuh bedug bersama sejumlah pejabat lain yang hadir.

Tampak Putri Presiden kelima Megawati Soekarnoputri itu melemparkan senyum ke ribuan warga yang memadati Jalan Hayam Wuruk, Glodok, Jakarta Barat. Ratusan peserta karnaval dari berbagai elemen masyarakat kemudian berjalan membuntuti kapal yang ditumpangi Puan.

Beragam atraksi disajikan dalam karnaval ini, mulai dari pertunjukan barong sai, liong, reog Ponorogo, marching band, sisingaan, ondel-ondel, dan lain-lain.

Diketahui, rute peserta Karnaval Nusantara Cap Go Meh Grogol 2018 itu dimulai dari Jalan Pancoran menuju Jalan Hayam Wuruk kemudian menuju arah Jalan Gajah Mada dan berakhir di depan Gedung Hotel Novotel, tidak jauh dari lokasi pemberangkatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diamankan 796 Personel

Polisi menyiapkan pengamanan selama Karnaval Cap Go Meh Glodok 2018. Sebanyak 796 personel gabungan disebar ke titik-titik pengamanan.

Kepala Bagian Operasioanl Polres Metro Jakarta Barat AKBP Priyo Utomo Teguh mengatakan, Polres Jakarta Barat dibantu jajaran Polda Metro Jaya dan TNI, beserta elemen masyarakat telah menyiapkan pengamanan.

"Kemudian sesuai perintah Bapak Kapolres Jakarta Barat, kita melakukan pengaman VIP yang kita khususkan di tenda panggung keberangkatan," ucap Priyo di LTC Glodok, Jl Hayam Wuruk, Jakarta Barat, Minggu (4/3/2018).

Khusus pengamanan di panggung Cap Go Meh 2018, tim keamanan telah menyiapkan pasukan khusus dari Polres Jakarta Barat. "Kita libatkan tim pemburu preman, pengamanan di sini, ada juga Jibom, kita lakukan nanti sterilisasi, ada juga K9," kata dia.

Sementara itu, Priyo juga mengimbau masyarakat untuk mengindari jalur-jalur yang akan digunakan untuk Karnaval Cap Go Meh Glodok 2018. Rekayasa lalu lintas difokuskan di daerah Hayam Wuruk, Gajah Mada, Ketapang, mulai pukul 13.00 akibat akan adanya penutupan jalan hingga berakhirnya acara.

"Masyarakat kami imbau hindari jalur ini, Gajah Mada-Hayam Wuruk, dari arah stasiun belok ke kanan Jembatan Lima, kita putarbalikkan Monas kembali," imbau Priyo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.