Sukses

Amankan Cap Go Meh Glodok, 796 Personel Gabungan Dikerahkan

Polisi mengimbau masyarakat untuk mengindari jalur-jalur yang akan digunakan untuk Karnaval Cap Go Meh Glodok 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Polisi menyiapkan pengamanan selama Karnaval Cap Go Meh Glodok 2018. Sebanyak 796 personel gabungan disebar ke titik-titik pengamanan.

Kepala Bagian Operasioanl Polres Metro Jakarta Barat AKBP Priyo Utomo Teguh mengatakan, Polres Jakarta Barat dibantu jajaran Polda Metro Jaya dan TNI, beserta elemen masyarakat telah menyiapkan pengamanan.

"Kemudian sesuai perintah Bapak Kapolres Jakarta Barat, kita melakukan pengaman VIP yang kita khususkan di tenda panggung keberangkatan," ucap Priyo di LTC Glodok, Jl Hayam Wuruk, Jakarta Barat, Minggu (4/3/2018).

Khusus pengamanan di panggung Cap Go Meh 2018, tim keamanan telah menyiapkan pasukan khusus dari Polres Jakarta Barat. "Kita libatkan tim pemburu preman, pengamanan di sini, ada juga Jibom, kita lakukan nanti sterilisasi, ada juga K9," kata dia.

Sementara itu, Priyo juga mengimbau masyarakat untuk mengindari jalur-jalur yang akan digunakan untuk Karnaval Cap Go Meh Glodok 2018. Rekayasa lalu lintas difokuskan di daerah Hayam Wuruk, Gajah Mada, Ketapang, mulai pukul 13.00 akibat akan adanya penutupan jalan hingga berakhirnya acara.

"Masyarakat kami imbau hindari jalur ini, Gajah Mada-Hayam Wuruk, dari arah stasiun belok ke kanan Jembatan Lima, kita putarbalikkan Monas kembali," imbau Priyo.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tamu Undangan

Selain itu, akan dilaksanakan juga buka-tutup jalan untuk tamu-tamu undangan yang melintasi lokasi. Rencananya, sejumlah pejabat akan menghadiri festival budaya ini. Antara lain, Mendagri, Menkominfo, Ketua MPR, Wamenlu, dan Wantimpres.

"Ada Ketua DPR, dari kementerian, Menko PMK, dan kementerian lainnya, (jadi) kita akan buka tutup jalan," ujar Priyo.

Karnaval akan menempuh rute sejauh kurang lebih 3,5 Km. Dimulai dari depan LTC Glodok Jl Hayam Wuruk, putar balik di Harmoni, masuk ke Jalan Gadjah Mada sampai titik finish di depan Hotel Novotel. Kegiatan direncanakan dimulai sekitar pukul 13.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

Berikut rencana pengisi acara dalam karnaval ini:

1. Pasukan Brigade Motor POM TNI

2. Korps Polisi Berkuda (Datasemen Turangga)

3. Marching Band Remaja Masjid Istiqlal

4. Paskibraka + Bendera Merah Putih

5. Komunitas Sepeda Onthel

6. Barongsai + Liong

7. Tari Kabasaran Bapontar

8. Joli

9. Reog Ponorogo

10. Mobil hias 1 (tema Cap Go Meh)

11. Tari Papua

12. Gemufamire

13. Tatung

14. Tim Kesenian Betawi : Palang Pintu, Ondel-Ondel dan Tanjidor

15. Mobil Hias 2 (Tema Jakarta + Abang None Jakarta)

16. Gondang Batak + mobil

17. Mobil hias 3 (Koko Cici Jakarta)

18. Sisingaan

19. Engrang

20. Marching Band

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.