Sukses

Tanah Bergerak, BPBD Sumedang Imbau Warga Cimaninti Tak Pulang

Petugas gabungan juga terus siaga di lokasi mengantisipasi terjadinya pergerakan tanah susulan di Sumedang.

Fokus, Sumedang - Puluhan rumah warga di Dusun Babakan Sawah, Desa Cimaninti, Kecamatan Jatinungga, Kabupaten Sumedang Jumat 2 Maret 2018 siang rusak. Beberapa di antaranya nyaris ambruk.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Sabtu (3/3/2018), hal ini akibat adanya pergerakan tanah yang terjadi sejak minggu lalu.Tercatat sedikitnya 54 rumah rusak dan jalan retak-retas serta ambles akibat pergerakan tanah menyusul hujan lebat yang terus turun.

Khawatir pergerakan tanah semakin meluas dan kencang, puluhan kepala keluarga lalu diungsikan ke tempat yang lebih aman. Sebab bukan tidak mungkin bangunan rumah yang pondasinya terkikis akan ambruk.

"Sudah bersih, sudah tidak ada warga yang tinggal diatas. Seluruh warga sudah dievakuasi dan titik evakuasinya ada di GOR dan kemudian ada di Blok C Popo " ujar Arianto, anggota BPBD Sumedang.

Pihak BPBD Kabupaten Sumedang mengimbau warga tidak dulu kembali ke rumah mereka hingga kondisi benar-benar aman. Petugas gabungan juga terus siaga di lokasi mengantisipasi terjadinya pergerakan tanah susulan.