Sukses

Angkasa Pura I Resmikan AOCC di Balikpapan

Angkasa Pura I resmikan Airport Operation Control Center di Bandara Sepinggan Balikpapan

Liputan6.com, Balikpapan Demi meningkatkan pelayanan Bandar Udara (bandara), Angkasa Pura I meresmikan Airport Operation Control Center (AOCC) di bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan, Balikpapan, Jumat (2/3/2018).

Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi, mengatakan bahwa pengoperasian AOCC di Bandara Sepinggan adalah yang pertama di Indonesia.

"Setelah dimulai, bandara Sepinggan bakal jadi role model di Indonesia dan ini menjadi langkah awal dalam melakukan digitalisasi aktivitas operasional semua aspek bandara dan menjadikan smart aiport," tutur Faik Fahmi, usai memberikan kata sambutan saat acara 'Launching AOCC', Balikpapan.

Setelah bandara Sapinggan, lanjut Faik, nantinya secara berkala seluruh bandara yang di kelola oleh Angkasa Pura I akan menerapkan sistem AOCC.

"Rencananya pada 2018 ini akan ada sembilan bandara dengan sistem AOCC. Setelah Balikpapan, kami akan luncurkan untuk bandara di Bali," imbuh Faik.

Ia melanjutkan bahwa dengan adanya sistem tersebut. Akan ada pengawasan yang leboh optimal dan terimtegrasi dalam satu sistem berteknologi tinggi.

"Bisa dilihat, aktvitas bandara setiap tahunnya naik. Hal itu berdampak pada operasional itu sendiri. Jadi untuk memudahkanya dengan penerapan sistem AOCC," kata Faik.

Perlu diketahui, AOCC berfungsi sebagai command center untuk seluruh aktivitas operasional di bandara. Mulai di sisi udara atau sisi darat. Tak hanya itu, AOCC juga bisa mencakup seluruh aktivitas penumpang dari kedatangan sampai keberangkatan.

"Dengan adanya AOCC segala operasional bandara terkontrol dalam satu kendali. Hal ini tentu bisa meningkatkan efisiensi operasional bandara," kata Faik.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.