Sukses

Golkar Resmi Tunjuk Agus Gumiwang Jabat Plt Ketua Golkar DKI

Agus diminta segera melakukan konsolidasi dalam memenangkan Jokowi di Pilpres 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar resmi menunjuk Ketua DPP Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD Golkar DKI Jakarta menggantikan Fayakhun Andriadi.

Fayakhun mengundurkan diri karena telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap pengadaan satelit monitoring di Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI. SK Penunjukan Agus diserahkan oleh Ketua Korbid Kepartaian Partai Golkar Ibnu Munzir.

"Hari ini kami datang ke DKI untuk menyerahkan SK Plt sebagaimana juga Plt lain seperti Jatim," kata Ibnu di Kantor DPD Partai Golkar DKI Jakarta, Cikini, Jakarta, Kamis, (1/2/2018).

Ibnu menjelaskan, penunjukan Agus diputuskan dalam rapat terbatas bersama pengurus DPP pada 21 Februari 2018. Rapat digelar untuk menindaklanjuti surat pengunduran diri Fayakhun sebagai Ketua DPD Partai Golkar DKI Jakarta.

"Beliau (Fayakhun) menyatakan nonaktif dari DPD DKI. Beliau memberi surat tertulis dan direspons ketum. Dengan membuat rapat menetapkan Plt Ketua DPD DKI. Rapat malam itu termasuk lancar," terangnya.

Setelah ditunjuk sebagai Plt Ketua DPD Partai Golkar DKI, kata Ibnu, Agus diminta melakukan sejumlah hal, di antaranya melakukan konsolidasi organisasi, perekrutan dan pembinaan caleg, serta menyiapkan pemenangan Jokowi sebagai calon presiden di Jakarta.

"Agus juga ditugaskan untuk menggelar musdalub pemilihan ketua DPD Golkar DKI secara definitif. Agus diberi waktu dua bulan untuk persiapkan musdalub," ucap dia. 

Dalam SK yang ditandatangani oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Sekjen Lodewijk F Paulus itu, Agus juga diminta segera membuat Musyawarah Daerah Luar Biasa DPD Partai Golkar DKI Jakarta dalam batas waktu selambat-lambatnya dua bulan.

"Melanjutkan konsolidasi karena akan menghadapi tahun politik perekrutan caleg sampai persiapan pilpres. Diharapkan kita melanjutkan konsolidasi dan fungsionaris," ucap Ibnu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Respons Agus Gumiwang

Dalam sambutannya, Agus menyatakan siap menjalankan amanah yang diberikan oleh DPP sebagai Plt Ketua DPD Partai Golkar DKI Jakarta. Dia meyakini, dengan kerja sama seluruh jajaran DPD Partai Golkar DKI Jakarta, maka amanah tersebut bisa dijalankan dengan baik.

"Ini amanah yang tidak ringan, tapi dengan segenap kerja sama kita dapat menjalankan dengan baik. Kita akan bangun Golkar sesuai dengan tagline," tuturnya.

Sekretaris Fraksi Golkar ini meminta anggotanya untuk mendoakan dan memberikan dukungan kepada Fayakhun agar menghadapi kasus hukumnya dengan tegar.

"Kita wajib mendoakan beliau untuk memberikan dukungan kepada beliau dalam rangka beliau menghadapi masalah hukum. Dan kita berdoa agar beliau dalam waktu dekat bisa kembali bersama kita membangun partai yang kita cintai ini," Agus Gumiwang menandaskan.

Reporter:  Raynaldo Ghiffari Lubabah

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.