Sukses

Komisi X DPR RI Dorong Realisasi Target 1 Juta Wisman ke Danau Toba

Komisi X Dorong Realisasi Target 1 Juta Wisman ke Danau Toba

Liputan6.com, Jakarta Danau Toba di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (Sumut), merupakan destinasi pariwisata mendunia dan telah ditetapkan Pemerintah Indonesia menjadi destinasi wisata prioritas. Menyikapi hal ini, Komisi X DPR RI mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut untuk dapat merealisasikan target satu juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Danau Toba.

Namun, menurut Komisi X DPR RI, Pemprov Sumut masih mengalami kesulitan dalam hal koordinasi lintas sektoral pengelolaan Danau Toba. Namun, dengan dibentuk dan dilantiknya Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) pada 30 November 2016, diharapkan persoalan koordinasi lintas sektoral dapat diatasi.

“Kami berharap, dengan adanya BPODT, persoalan koordinasi dapat teratasi dan target kunjungan wisman tercapai. Mengingat, pemerintah telah menetapkan target kunjungan wisman 1 juta ke Danau Toba pada tahun 2019,” kata Ketua Tim Kunjungan Kerja Komisi X DPR RI Djoko Udjianto, di ruang pertemuan Kantor Gubernur Sumut, Medan, Rabu (28/2/2018).

Hingga saat ini, statistik menunjukkan bahwa kunjungan wisman ke Danau Toba pada 2016, sebanyak 233.643 orang dan pada 2017 sebanyak 261.736 kunjungan, atau naik 12 persen. Djoko pun memberikan tantangan kepada para pemangku kepentingan di sektor pariwisasi Provinsi Sumut agar mampu mencapai target satu juta kunjungan wisman ke Danau Toba.

Danau Toba merupakan danau alam besar tekto-vulkanik yang menempati kaldera dari sebuah supervulkan. Danau ini memiliki ukuran terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Dengan luas mencapai 1.145 kilometer persegi, Danau Toba tampak seperti sebuah lautan. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.