Sukses

Komis III DPR RI Soroti Masalah Narkoba di Jawa Tengah

Komisi III Soroti Masalah Narkoba di Jateng

Liputan6.com, Jakarta Peredaran narkoba menjadi salah satu persoalan yang mendapat sorotan dan catatan serius oleh Komisi III DPR RI saat kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Hal ini disampaikan Anggota Komisi III DPR RI, Aboe Bakar Al-Habsyi, disela-sela pertemuan Komisi III DPR dengan Instansi Kepolisian Daerah dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jateng.

“Kami mendorong agar BNNP Jateng meningkatkan performanya dalam pengungkapan narkoba. Karena dalam setahun ini, mereka hanya mengungkap 15 perkara, sedangkan Polda Jawa Tengah bisa mengungkap 678 perkara. Karenanya, saya mendorong agar BNNP Jateng lebih giat lagi dalam pemberantasan narkoba,” ucap pria yang akrab disapa Habib itu, di Semarang, Jateng, Selasa (27/2/2018).

Ia menyampaikan bahwa Komisi III DPR juga melakukan evaluasi terhadap kinerja Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM Jateng. Hal itu perlu dilakukan karena ternyata 70 persen peredaran narkoba di Jawa Tengah dikendalikan dari dalam lapas.

“Bahkan kemarin sempat terungkap adanya satu napi yang  bisa mengendalikan peredaran narkoba dari Lapas Nusa Kambangan. Selain itu, didapati fakta adanya satu Kalapas yang memberikan kemudahan, sehingga narkoba bebas keluar masuk lapas. Ini catatan yang sangat penting buat kami,” ucap Habib.

Politisi F-PKS tersebut pun meminta agar ke depan, Menteri Hukum dan HAM memberikan perhatian serius terhadap perbaikan mentalitas SDM.

“Terkait tren meningkatnya penyelundupan narkotika di Indonesia, saya menilai ini adalah masalah yang perlu mendapat penanganan sangat serius oleh pemerintah. Indonesia saat ini sedang perang dengan narkoba, bukan oleh pasukan tentara,” kata Habib.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.