Sukses

Alasan Ahok Tak Akan Hadiri Sidang Cerai dan PK

Hari ini, Pengadilan Negeri Jakarta Utara menggelar sidang kelima gugatan cerai Ahok terhadap Veronica Tan.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok tak akan menghadiri sidang perceraian dengan Veronica Tan. Hal tersebut diungkapkan pengacara Ahok, Fifi Lety Indra.

"Kalau untuk gugatan cerai bisa diwakili pengacara, jadi enggak perlu hadir baik penggugat dan tergugat," kata Fifi di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Rabu (28/2/2018).

Fifi, yang juga adik Ahok ini menjelaskan, ada keleluasaan dari Mahkamah Agung yang memperbolehkan penggugat tak menghadiri persidangan. "Pidana saja enggak wajib hadir, yang ini sebaiknya enggaklah. Karena banyak faktor yang lain," kata dia.

Hal yang sama juga berlaku dalam sidang peninjauan kembali (PK) yang diajukan Ahok dalam perkara penodaan agama. Menurut dia, jaksa juga tidak mempermasalahkan ketidakhadiran Ahok.

Ia menjelaskan pertimbangannya. Menurut Fifi, Ahok tidak ingin membuat suasana menjadi gaduh. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sidang Ke-5

Diketahui, hari ini sidang kelima perceraian Ahok dengan agenda mendengarkan para saksi. Sebanyak dua saksi dihadirkan pihak Ahok.

Keduanya merupakan staf Ahok saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Ahok menggugat cerai istrinya, Veronica Tan ke Pengadilan Negeri Jakarta Utara meski tengah dipenjara kasus penodaan agama.

Alasan gugatannya karena ada orang ketiga dalam rumah tangga mantan Gubernur DKI Jakarta itu. Ahok menuntut dua hal, yakni perceraian dan hak asuh anak.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.