Sukses

Gerindra Duetkan Prabowo-Anies Baswedan di Pilpres 2019?

Partai Gerindra kembali akan mengusung Prabowo Subianto, sebagai calon presiden di Pilpres 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Gerindra kembali akan mengusung Prabowo Subianto, sebagai calon presiden (capres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. 

"Insyaallah. Insyaallah (Prabowo maju)," ujar Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Aryo Djojohadikusumo, di Jakarta, Rabu (28/2/2018).

Lalu, siapakah yang akan mendampingi Prabowo Subianto? Menurut Aryo, hal itu masih menjadi misteri. Termasuk kemungkinan masuknya nama Anies Baswedan sebagai cawapres.

"Mengenai itu, saya belum lama ini ketemu dengan Pak Anies," ucapnya.

Namun, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  itu mengaku ingin fokus menata Ibu Kota.

"Beliau (Anies) sudah membicarakan rencana kerja DKI untuk 2019, 2021 dan beliau tidak sabar ingin menjadikan Jakarta maju kotanya, bahagia warganya. Fokus di Jakarta," kata dia.

Aryo mempersilakan terkait cawapres Prabowo Subianto ini ditanyakan langsung kepada Anies Baswedan.

"Tapi yang pasti, kalau pembicaraan, maju atau tidak, sekali lagi ini masalah matematika ya," tutur dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Bisa Maju Sendiri

Karena menurut Aryo, Gerindra tidak bisa maju sendiri. Gerindra, kata dia, tidak punya cukup kursi untuk memajukan nama sendiri.

"Karena ada presidential treshold dan Gerindra 73 kursi, sedangkan untuk maju, perlu 112. Siapa pun yang maju dari Gerindra, ya kita harus cari 39 kursi. Semua calon harus mencari kursi yang cukup," terang Aryo.

Berdasarkan pengalaman di Pilkada DKI Jakarta lalu, Aryo tak menampik jika partainya bisa saja mengumumkan di detik-detik terakhir.

"Makanya, pengalaman kami itu biasanya menjelang pendaftaran. Pendaftaran sekarang kan baru buka 4 sampai 10 Agustus," terangnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.