Sukses

Polisi Akan Periksa Semua Gubernur DKI hingga Ahok Terkait Reklamasi

Penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya berencana memeriksa seluruh Gubernur DKI yang terkait reklamasi Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya berencana memeriksa seluruh Gubernur DKI yang terkait reklamasi Jakarta. Gubernur yang akan diperiksa ini mulai dari era Presiden Soeharto hingga Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

"Ini soal administrasi, itu kan semua ya mantan gubernur nanti diperiksa. Kan sudah dari zaman Pak Soeharto itu ya namanya reklamasi," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Selasa, 27 Februari 2018.

Dia mengatakan, penyidik ingin mendalami apa dan bagaimana awal mula reklamasi Jakarta. Oleh karena itu, penyidik akan memeriksa para mantan gubernur tersebut. 

Meski begitu, kata Argo, penyidik belum menemukan adanya pelanggaran administrasi atau malaadministrasi dalam memutuskan soal reklamasi Jakarta.

"Belum ditemukan malaadministrasi," ujar Argo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Puluhan Saksi

Penyidik sudah memeriksa pulusan saksi dalam kasus dugaan korupsi di reklamasi Jakarta tersebut.

Yang terakhir penyidik sempat meminta keterangan dari Kepala Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan Pemprov DKI Jakarta Benni Agus Candra dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pemprov DKI Jakarta Edy Junaedi.

Penyelidikan kasus ini dimulai September 2017. Dari keterangan yang diperoleh dan data yang dikumpulkan sementara saat itu, polisi mencium ada aroma korupsi dalam proyek reklamasi Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.