Sukses

PDIP Kaji Jusuf Kalla Jadi Cawapres Jokowi di 2019

Puan berharap pembahasan tentang sosok cawapres untuk Jokowi pada pilpres 2019 dapat bisa segera rampung.

Liputan6.com, Jakarta - Politikus PDIP yang juga Menko PMK Puan Maharani tak memungkiri nama Jusuf Kalla (JK) masuk dalam kajian calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Jokowi di Pilpres 2019.

"Ya Pak JK masuk dalam pengkajian itu, walau kita ketahui secara undang-undang konstitusi memang ada batasan jabatan. Tapi kita lihat juga kemudian Pak JK masih berkenan, kita juga belum pernah tanya," ungkap Puan di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (27/2/2018).

Namun, Puan mengaku pengkajian terhadap sejumlah tokoh, termasuk JK masih terus dilakukan partainya dan partai koalisi untuk disandingkan dengan Jokowi. Yang pasti, kata dia, ada sejumlah kriteria yang masih dipertimbangkan.

"Ya tentu saja namanya memilih pendamping pasangan untuk 2019 ada kriteria-kriterianya, seperti yang saya sampaikan juga, bahwa sekarang sedang dikaji. Tentu saja Pak Presiden (Jokowi) punya kriteria, parpol juga punya kriteria dan masukan," terang Puan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bisa Segera Rampung

Puan berharap pembahasan tentang sosok cawapres untuk Jokowi pada pilpres 2019 dapat bisa segera rampung. Tentunya, kata dia, sebelum pendaftaran capres-cawapres dibuka pada Agustus 2018 mendatang.

"Harapannya enggak mungkin jalan sendiri-sendiri, partai pengusung yang saat ini punya suara paling besar tentu saja harus dibicarakan bersama," tandas Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.