Sukses

Sekolah Tanpa Dinding dan Lantai

Hari Pendidikan yang baru saja dirayakan kemarin tak dirasakan murid-murid di sejumlah daerah. Jangankan memperingatinya, untuk belajar sehari-hari saja fasilitasnya sangat terbatas.

Liputan6.com, Tasikmalaya: Tanpa dinding. Tanpa lantai. Semuanya serba adanya. Meski begitu, semangat para siswa Sekolah Dasar Negeri Budiwangi, Tasikmayala, Jawa Barat, tak pernah pudar. Mereka tetap tak putus mengejar cita-cita meski harus belajar tanpa meja dan berdesak-desakan dalam ruang kelas yang sempit.

Nyaris 16 bulan sudah para siswa di sekolah ini belajar di sebuah gubuk, jika tidak ingin disebut sekolah. "Gerah. Kalau hujan ya kehujanan. Tidak bisa belajar dengan fokus," kata Mela, siswa kelas lima, kepada Liputan 6 SCTV, baru-baru ini.

Kondisi serupa juga dirasakan para siswa SMP Negeri IV Idanogawao, Gunung Sitol, Nias. Ruang kelas mereka hanya beratapkan daun nipah, berlapis dinding kayu, dan beralaskan tanah. Tergelincir akibat becek sudah sering dirasakan.

Kemarin, 2 Mei, Hari Pendidikan Nasional dirayakan. Hari yang seharusnya juga dirayakan para siswa ini. Sayang jangankan merayakannya, memiliki gedung sekolah yang layak pun mereka tak bisa.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.