Sukses

Tari Pelangi Budaya Bagelen Meriahkan Hardiknas

Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2011 dan pencanangan Pendidikan Karakter di Kabupaten Purworejo dimeriahkan dengan tarian kolosal Pelangi Budaya Bagelen yang dipentaskan di alun-alun Purworejo.

Citizen6, Purworejo : Upacara peringatan  Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2011 dan pencanangan Pendidikan Karakter di Kabupaten Purworejo dimeriahkan dengan tarian kolosal Pelangi Budaya Bagelen, Senin (2/5). Sekitar 1.000 lebih penari yang terdiri dari pelajar SMP, SMA, SMK, dan MA se-Kabuapten Purworejo terlibat dalam acara tersebut. Tarian tersebut diiringi dengan alat musik tradisional seperti kentongan dan jidur (bedug).Tarian yang menggambarkan kehidupan masyarakat pedesaan yang mendukung program atau visi misi Kabupaten Purworejo sebagai daerah agraris itu hasil kreasi Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) seni budaya SMP, SMA, SMK dan MA. Meski tarian yang dipentaskan di alun-alun Purworejo  tersebut hanya berdurasi sekitar 20 menit, namun cukup mendapat sambutan cukup meriah dari para undangan dan masyarakat sekitar.

Sementara itu, Bupati Purworejo Drs, H Mahsun Zain M,Ag saat  membacakan sambutan Menteri Pendidikan Nasional menyebutkan, dunia pendidikan itu kompleks, menantang namun sangat mulia. Kompleksitas dan tantangan terus berkembang, seiring dengan perkembangan zaman. Oleh karena itu kita semua harus secara bersama-sama terus menerus berikhtiar dengan sungguh-sungguh untuk menanganinya, demi kemuliaan diri, bangsa, negara dan umat manusia. “Disisi lain, kita juga memahami dan menyadari tentang tantangan global dan internal yang sedang kita hadapi, yang mengharuskan kita semua untuk lebih memperkuat jati diri. Identitas dan karakter sebagai bangsa Indonesia,” kata Mahsun Zain.

Masih kata Mahsun Zain, disinilah mengapa pendidikan berbasis karakter dengan segala dimensi dan variasinya menjadi penting dan mutlak. Karakter yang ingin kita bangun bukan hanya berbasis kemulian diri semata, akan tetapi secara bersamaan membangun karakter kemuliaan sebagai bangsa. “Karakter yang akan kita bangun bukan hanya kesantunan, tetapi secara bersamaan kita bangun karakter yang mampu menumbuhkan kepenasaranan intelektual sebagai modal untuk membangun kreativitas dan daya inovasi,” tambah Mahsun Zain. Dalam kesempatan itu juga dilakukan penyerahaan penghargaan dan tropi bagi kepala sekolah, guru, dan siswa  berprestasi. Disamping itu juga dilakukan penyerahan beasiswa Jamsotek dan Bumi Putera bagi delapan pelajar berprestasi. (Pengirim: Bangkit)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.