Keaslian Foto Jenazah Osama Diragukan

  • Internasional
  • 0
  • 02 Mei 2011 19:39
Liputan6.com, New York: Di tengah gegap gempita menyambut kabar kematian Osama bin Laden, sebuah situs terkemuka di Amerika Serikat justru meragukan foto jenazah mayat Osama yang beredar luas.

MSNBC mewartakan, Senin (2/5), gambar yang beredar di internet dan ditampilkan pada beberapa program berita televisi luar negeri dimaksudkan untuk menunjukkan mayat Osama bin Laden. Namun, tidak ada pejabat AS atau Pakistan yang menegaskan keasliannya. Direktur multimedia situs MSNBC pun menjelaskan bagaiman trik komputer bisa memanipulasi gambar.

"Berdasarkan tampilan awal di file gambar, kami berpikir bahwa gambar itu palsu. Pada pandangan pertama, sekitar area "luka" Osama tampak terlihat aneh. Selain itu, kurangnya transisi warna antara kain yang berwarna berbeda dan daging menunjukkan bahwa gambar telah dimanipulasi. Sekitar jenggot, mulut dan hidung menunjukkan kepada kita bahwa gambar yang beredar di web dan beberapa televisi asing adalah palsu," katanya.

Sebelumnya, dua pejabat AS memang telah memperingatkan bahwa gambar jasad Osama adalah tipuan atau ilustrasi. Hingga saat ini, Amerika Serikat belum mau menunjukkan gambar asli jenazah Osama.

Amerika Serikat menyatakan jasad Osama tidak akan diterima negara mana pun. Jadi untuk sementara, jasad Osama masih 'dipegang" oleh AS. Kabarnya, jenazah Osama telah dikuburkan di tengah laut. Tapi tak ada penjelasan pasti di laut mana jenazah teroris buruan dunia internasional itu dikuburkan. (Vin)
Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler