Sukses

Alumni UC Berkeley Galang Dana untuk Ridwan Kamil

Dukungan para alumnus UC Berkeley itu dikarenakan keyakinan terhadap Ridwan Kamil yang dianggap mempunyai kompetensi memimpin Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Dukungan terhadap calon Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil tak hanya datang dari warga asli Jawa Barat.

Sejumlah kalangan warga Indonesia lulusan University of California (UC) Berkeley, Amerika Serikat turut membantu dengan menghimpun dana untuk kegiatan kampanye Ridwan Kamil.

Koordinator penggagas pengumpulan dana, Agus Sari mengatakan dukungan dana dari para alumnus merupakan sebagai bentuk dukungan nyata terhadap Ridwan Kamil agar sukses mendapatkan kursi Jabar-1. 

"Inisiatif acara ini awalnya karena pertemanan. Ini inisiatif saya dan teman-teman untuk mendukung Kang Emil," ujar Agus di sela-sela acara Udunan Warga yang digelar pada Senin, di JIEXPO, Kemayoran, Jakarta (25/2/2018). 

Dukungan para alumnus UC Berkeley itu dikarenakan keyakinan terhadap Ridwan Kamil yang dianggap mempunyai kompetensi memimpin Jawa Barat.

"Pengalaman dia mengatur Bandung adalah salah satu keberhasilan yang sudah kita lihat," kata dia.

Selain itu, Ridwan Kamil dianggap mempunyai kepedulian terhadap lingkungan hidup. "Kalau tidak, ya, seperti sekarang. Banjir dimana-mana, dan bencana longsor," lanjut dia.

Agus mengaku, persiapan acara hanya dilakukan selama satu bulan. Para alumnus saling berkabar satu sama lain.

"Respons dari teman-teman ternyata sangat bagus, dan sampailah acara ini terwujud," kata dia.

Dalam acara tersebut, panitia menjual tiket makan malam mulai dari Rp100 ribu sampai Rp75 juta. Harga itu, kata Agus, sesuai dengan peraturan Komisi Pemilihan Umum.

"Dari tamu yang sudah booking, uang yang terkumpul mencapai Rp1,2 miliar. Nilai itu masih terus bertambah karena ada tamu-tamu undangan dadakan," tambah dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Terima Tunai

Agus menambahkan, acara Udunan Warga dianggap cukup efektif untuk mengumpulkan dana.

"Kalau dulu itu kan ada cukong, kalau sekarang tidak. Cara ini menjadi jembatan para pendukung dan simpatisan untuk mengumpulkan dana untuk pemimpin pilihannya," ujar dia.

Agus juga memastikan bahwa dana tersebut dikelola secara transparan. Pihaknya mengaku tidak menerima bantuan melalui dana tunaui. Setiap dana yang masuk, akan diterima melalui sistem transfer.

"Semua ditransfer ke rekening Udunan Warga, mengikuti anjuran KPU serta diaudit oleh akuntan publik dan dilaporkan ke KPU secara berkala," tutup dia.

Udunan Warga adalah program penggalangan dana kampanye Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum berbasis partisipasi masyarakat. Cara ini bertujuan melawan politik uang serta menjalankan kampanye yang terbuka dan transparan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ridwan Kamil adalah Wali Kota Bandung yang menjabat periode 2013-2018. Sebelum menjadi Wali Kota, ia dikenal sebagai dosen dan arsitek
    Ridwan Kamil adalah Wali Kota Bandung yang menjabat periode 2013-2018. Sebelum menjadi Wali Kota, ia dikenal sebagai dosen dan arsitek

    Ridwan Kamil