Gunung Merapi "Batuk" Lagi, Magelang Hujan Abu

on

Liputan6.com, Yogyakarta: Setelah 'tertidur' beberapa lama, Gunung Merapi kembali menunjukkan aktivitasnya. Kali ini Merapi batuk lagi dan mengakibatkan hujan abu di Magelang, Jawa Tengah.

Intensitas hujan abu vulkanik itu memang tipis. Namun juga disertai suara gemuruh sehingga membuat warga sekitar merasa cemas, Sabtu (30/4).

Abu vulkanik Merapi mengarah ke sekitar Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, dan Desa Babadan Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang. Sedang sebagian lagi mengarah ke Kabupaten Boyolali.

Suara gemuruh itu sendiri terdengar cukup mengagetkan warga dan terdengar hingga radius 5 kilometer. Namun tak sampai membuat warga harus mengungsi. Warga hanya meningkatkan kewaspadaan.

Petugas  Pos Pengamatan Gunung Merapi Babadan, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Ismail, mengatakan suara gemuruh juga terdengar di Desa Tlogolele, Boyolali. "Bahkan hujan abu pun juga sampai kesana," ujarnya.

Menurut Ismail, suara gemuruh dan terjadinya hujan abu tersebut disebabkan oleh tekanan gas dari pembentukan kubah lava.

Sementara itu, aktivitas Gunung Merapi masih dalam level waspada serta tertutup kabut tebal. Warga juga masih beraktivitas seperti biasanya.(MEL)
Suka artikel ini?

0 Comments