Sukses

Terinspirasi Danau Sunter, Menteri Susi Tantang Pemda Bersihkan Danau

Menteri Susi Pudjiastuti meminta agar fasilitas wisata danau dapat dinikmati masyarakat secara cuma-cuma.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti senang dengan perubahan di Danau Sunter, Jakarta Utara. Hal itu ia sampaikan saat menghadiri Festival Danau Sunter.

"Luar biasa apa yang terjadi hari ini, bahwa sebetulnya inisiatif untuk membuat bersih danau di Jakarta dengan cara ini sangat efektif. Saya akan tantang semua Pemda untuk membuat danaunya bersih," ujar Susi di lokasi, Minggu (25/2/2018).

Selain itu, Susi mengingatkan danau yang bersih bisa dijadikan sebagai tempat wisata bagi warga. "Kalau dukung danau bersih gini, semua teriak, Jalesveva Jayamahe," ucapnya menirukan slogan korps Marinir Angkatan Laut.

Ia pun meminta agar fasilitas wisata danau dapat dinikmati masyarakat secara cuma-cuma. "Ini supaya masyarakat bisa berwisata. Dan tidak boleh dipungut bayaran," kata dia.

Menteri yang terkenal dengan jargon 'tenggelamkan' ini mengancam 'oknum nakal'. "Kalau dipungut bayaran, kita tenggelamkan. Kalau buang sampah sembarangan, tenggelamkan. Cuma satu aturannya, kalau tidak benar tenggelamkan," tutur Susi.

Menurutnya, apresiasi terbaik yang harus diberikan warga kota adalah dengan turut menjaga dan membersihkan lingkungan masing-masing.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bertanding Lawan Sandi

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti lomba olahraga air dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Festival Danau Sunter di kawasan Danau Sunter, Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Sandi berenang sejauh 1 kilometer sedangkan Susi dengan menggunakan paddling, semacam perahu kecil yang didayung dengan berdiri.

Pantauan Liputan6.com, setelah berenang sejauh 500 meter, Sandi sempat beristirahat sejenak.

"Ayo Bu Susi, ayo Bang Sandi," ucap MC yang suaranya terdengar di lokasi, Minggu (25/2/2018).

Sementara Susi yang bisa saja memenangkan lomba, justru lebih memilih minggir sejenak untuk menyapa warga di atas perahunya.

"Wah, ternyata Bu Susi setia kawan, nungguin Bang Sandi," kata si MC.

Sembari menunggu Sandi yang sedang berenang, Susi bahkan menyempatkan diri untuk menyeruput minuman. Ia juga sempat duduk-duduk di atas paddling-nya.

Usai berenang Danau Sunter total 1 kilometer, Susi yang sudah menanti Sandi di ujung garis finis langsung terjun ke air. Mereka pun bersama-sama berenang menuju garis finis.

Perlombaan meramaikan Festival Danau Sunter pun berakhir dengan kemenangan keduanya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.