Sukses

Rakernas III PDIP Ditutup, Ini Rekomendasi PDIP untuk Eksternal

PDIP, melalui Ketua Umum Megawati Soekarno Putri, mengeluarkan satu rekomendasi eksternal untuk diumumkan.

Liputan6.com, Jakarta - Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ditutup oleh Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri. Dalam pidatonya, Mega menyampaikan forum itu telah menghasilkan rekomendasi

"Dengan mengucapkan bismilah, Rakernas III dengan resmi ditutup. Sebagai Ketua Umum Partai, 3 hari sudah berdiskusi, menerima usul dan saran. Dan bisa menyimpulkan, membuat satu rekomendasi untuk eksternal," ucap Megawati di Sanur, Bali, Minggu (25/2/2018).

Dia menyebut rekomendasi yang dihasilkan hanya satu. Namun, rekomendasi itu merangkum keseluruhan yang harus dijalankan kader PDIP, demi kemenangan tahun 2019.

"Di mana pun mereka berada, bersama rakyat untuk mengamankan menjaga dan mensukseskan keputusan Ketua Umum, dengan mencalonkan kembali Bapak Ir. Joko Widodo sebagai calon presiden periode 2019-2024," jelas Megawati.

Dia pun meminta seluruh kader kembali ke daerah masing-masing. Lalu, mereka harus menyosialisasikan rekomendasi tersebut.

"Pulanglah dengan baik ke daerah masing-masing. Dan sebarkan rekomendasi ini," pungkas politisi senior PDIP ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alasan Pilih Medsos

Sebelumnya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah mengumumkan Joko Widodo atau Jokowi sebagai calon presiden untuk 2019. Namun, pengumuman tersebut disampaikan melalui media sosial. Lantas apa alasannya?

Menurut Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, sosmed sudah menjadi bagian dari alat perjuangan guna menyampaikan wajah politik yang membangun peradaban.

"Melihat pentingnya sosmed tersebut, maka penetapan Presiden Jokowi sebagai calon presiden periode 2019-2024 pun dilakukan dengan cara-cara yang tidak jauh berbeda. Di sinilah cara dan kultur generasi milenial menjadi inspirasi," ucap Hasto di Sanur, Bali, Jumat 23 Februari 2018.

Dia menuturkan, penetapan calon Presiden ini dilakukan secara spontan dan di luar perkiraan banyak orang. Dirinya pun mengkutip apa yang disampaikan Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri.

"Saya yakin Allah SWT dan doa rakyat Indonesia pasti temani perjuangan kita. Saya percaya ada Bung Karno bersama kita. Dengan ini saya nyatakan calon presiden dari PDI Perjuangan adalah Bapak Ir. Joko Widodo (Jokowi)," cerita Hasto.

Dia menuturkan, seluruh peserta Rakernas III secara spontan langsung berdiri dan memekikkan salam Metal, wujud dari nomor urut 3, yang penuh dengan pesan sejarah perjuangan, bahwa PDIP selalu bersama kaum muda.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.