Sukses

Puan Maharani: Nama Cawapres Jokowi Sedang Dimatangkan

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPP Bidang Politik dan Keamanan PDIP nonaktif Puan Maharani mengatakan, nama calon wakil presiden untuk Joko Widodo atau Jokowi di Pilpres 2019 sudah ada. Namun, dia masih enggan mengungkapkannya.

"Ya sudah ada-lah. Enggak bisa di-share (dibagikan)," kata Puan di Sanur, Bali, Sabtu (24/2/2018).

Dia pun menyebut kriteria dan siapa yang akan dicalonkan mendampingi Jokowi sudah ada. Hanya tinggal dimatangkan saja oleh partai.

"Kriterianya sudah ada. Dan kemudian orang-orangnya pun saya rasa sudah ada. Hanya kemudian ya kita-kita matangkan," tutur Puan.

Dia menyebut, proses mematangkan itu untuk melihat apakah calon tersebut bisa menguatkan Jokowi dan bisa menambah suara pemilih.

"Kita lihat dulu bagaimana kemudian bisa menguatkan Presiden nantinya. Apakah nantinya bisa menambah suara dan lain-lain," jelas Puan.

Meski demikian, wanita yang menjabat sebagai Menko PMK itu menyebut, semuanya tetap ditentukan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Kita lihat bagaimana nantinya dan pada waktunya. Tentu saja itu merupakan hak prerogatif Ibu Ketua Umum untuk memutuskan siapa," pungkas Puan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pasangan Ideal Jokowi

Masih di lokasi yang sama, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto juga mengatakan, saat ini pihaknya masih menimbang calon wapres pendamping Jokowi di Pilpres 2019. Dia menyadari, pasangan ideal Jokowi adalah Jusuf Kalla atau JK. Namun, pencalonan JK kembali akan berbenturan dengan undang-undang.

"Pak JK sendiri komitmennya adalah ingin buat sejarah menjadi wapres dua periode. Itu pertama saat periode bersama Bapak SBY. Kedua saat bersama Bapak Jokowi. Kita terikat pada ketentuan UUD 1945. Masa jabatan hanya dua periode," ucap Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Jumat malam, 23 Februari 2018.

Untuk jalan tengahnya, karena hubungan PDIP dan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dengan JK selama ini baik, maka yang bersangkutan akan dimintai nasihatnya.

"Tentu kita akan dengar masukkan dari Bapak Jusuf Kalla. Karena Beliau tentu sangat memahami berbagai persoalan bangsa dan negara," ungkap Hasto.

Dia menegaskan, nasihat yang diminta adalah mencari sosok yang tepat. Siapa pendamping Jokowi untuk ke depannya.

"Pak JK sebagai tokoh bangsa dan Wapres dua periode tentu punya pandangan yang baik, khususnya pandangan tentang siapa yang tepat mendampingi Pak Jokowi," jelas Hasto.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.