Sukses

Bamsoet: Tidak Mungkin DPR Punya Niat Membungkam

Bagi Bamsoet, kritik kepada DPR bagaikan vitamin yang menyehatkan pertumbuhan demokrasi.

Liputan6.com, Semarang - Ketua DPR Bambang Soesatyo akan berusaha terus menjalin hubungan baik antara parlemen dengan insan pers. Ia bertekad membangun DPR sebagai parlemen modern yang terbuka terhadap kritik dari siapa pun, termasuk dari pers.

Janji itu diungkapkan Bamsoet saat menerima penghargaan dari insan pers atas prestasi dan dedikasinya yang tinggi dalam dunia politik dan jurnalis. Ia kembali menerima penghargaan Anugerah Pers Jawa Tengah 2018 yang dianugerahi Suara Merdeka Network dan Berlian Organizer.

"DPR adalah rumahnya rakyat, anggota DPR adalah wakilnya rakyat. Sungguh tidak beralasan manakala dikatakan DPR antikritik dan tidak boleh dikecam," kata Bambang Soesatyo, dalam keterangannya, Sabtu (24/2/2018).

"Bagi saya, kritik bagaikan vitamin yang menyehatkan pertumbuhan demokrasi. Tidak mungkin DPR punya niat membungkam, apalagi memberangus kebebasan pers yang menjadi ciri demokrasi," imbuh dia.

Dengan anugerah tersebut, pria yang disapa Bamsoet ini mengaku mendapatkan beban baru untuk terus meningkatkan kinerjanya demi kepentingan bangsa.

"Penghargaan ini menjadi cambuk bagi saya untuk meningkatkan kinerja, terutama dalam mengangkat marwah DPR sebagai lembaga perwakilan yang dekat dengan rakyat," ujar Bamsoet.

Bamsoet sebelumnya sudah pernah menerima penghargaan Best Legislator 2017 dari majalah Men Obsession (2017). Ia juga pernah menyabet Best Legislator Award dari Berlian Organizer dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional dan HUT ke-67 Persatuan Wartawan Indonesia (2014) serta PWI News Maker Award dari Persatuan Wartawan Indonesia Jakarta Raya (2010).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makna Penghargaan bagi DPR

Bagi Bamsoet, penghargaan yang diraihnya menjadi kebanggaan tersendiri bagi DPR sebagai lembaga legislatif yang selalu mendapat sorotan publik.

"Saya anggap penghargaan ini juga sebagai bentuk apresiasi atas kinerja DPR RI. Alhamdulillah, ada yang memberikan nilai plus, di tengah banyaknya pandangan negatif terhadap DPR," ujar mantan Ketua Komisi III ini.

Anugerah Pers Jawa Tengah ini diberikan langsung oleh Direktur Komunikasi Suara Merdeka Bambang Pulung Gono kepada Ketua DPR Bambang Soesatyo, Ketua Umum PSI Grace Natalie, Sekjen PKB Abdul Kadir Karding, Wakil Ketua Badan Legislasi DPR Firman Soebagyo, Hadi Prabowo (Plt Sekjen Kemendagri), dan Anggota DPD RI Gusti Kanjeng Ratu Koes Indriyah.

Penghargaan juga diberikan kepada Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono, Rektor Unisbank Dr Hasan Abdul Rozak, Wakil Ketua DPRD Jateng Ferry Wawan Cahyono, Komisaris BPR Gunung Rizki, RY Kristian Saputro Hardianto, Dirut Bank Jateng Supriyatno, dan pengusaha perikanan Witjaksono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini