Sukses

Korban Tewas Kerusuhan Suriah Capai 400 Orang

Kondisi ini pun membuat masyarakat internasional semakin peduli dengan jumlah korban yang terus bertambah.

Liputan6.com, Dara`a: Pasukan keamanan Suriah telah menewaskan lebih dari 400 warga sipil sejak aksi protes anti-pemerintah meletus lebih dari sebulan yang lalu. Kondisi ini pun membuat masyarakat internasional semakin peduli dengan jumlah korban yang terus bertambah.

Seperti dilansir NHK, Rabu (27/4), demonstrasi terhadap pemerintahan Presiden Bashar al Assad menyebar ke seluruh pelosok Suriah hingga mendorong pemerintah untuk melakukan tindakan kekerasan. Kemarin, tank melepaskan tembakan di kota selatan Daraa, yang dilaporkan menelan banyak korban.

Sebuah kelompok hak asasi manusia di Suriah juga mengatakan pasukan keamanan telah menewaskan 437 warga sipil sejak demonstrasi dimulai bulan lalu. Ia mengatakan jumlah korban dapat meningkat di Dara`a dan kota-kota lainnya.

Pada 1982, ketika ayah Assad menjabat sebagai presiden, pihak militer juga menjepit demonstran anti-pemerintah di pusat kota Hama, dan dilaporkan telah menewaskan lebih dari 10.000 orang. Ada kekhawatiran yang berkembang bahwa pembantaian serupa mungkin akan berulang.

Kini, pemerintahan Presiden Amerika Serikat Barack Obama mempertimbangkan membekukan aset yang dimiliki oleh pemimpin Suriah di Amerika Serikat. Negara-negara Eropa juga ingin Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa mengeluarkan pernyataan mengutuk pemerintah Suriah.(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini