Sukses

PDIP Usung Jokowi di Pilpres, PKB Belum Ambil Sikap

Sebelumnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memberikan mandat kepada Presiden Jokowi untuk menjadi capres di Pilpres 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) belum mengambil sikap menyusul PDIP yang kembali mengusung Joko Widodo atau Jokowi sebagai calon presiden di Pilpres 2019. PKB merupakan salah satu partai pengusung Jokowi-JK dalam Pilpres 2014.

"PKB masih terus menjaring suara masyarakat termasuk kiai dan para tokoh," ujar Wakil Sekjen PKB Daniel Johan di Jakarta, Jumat (23/2/2018).

Alasannya, kata dia, saat ini PKB sedang ingin fokus pada Pilkada Serentak 2018 ini. "Fokus pilkada dulu," kata dia.

Dengan begitu, menurut Daniel, keputusan pencapresan akan diambil usai pencoblosan Pilkada Serentak 2018, yaitu Juni. "Akhir Juni baru diputuskan," tegas Daniel.

Sebelumnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memberikan mandat kepada Presiden Jokowi untuk menjadi capres 2019. Itu disampaikannya dalam Rakernas III di Bali, yang dilakukan tertutup.

"Dengan ini saya nyatakan, calon presiden dari PDI Perjuangan, Joko Widodo. Joko Widodo," ungkap Megawati.

Dia pun menanyakan kepada para kader soal siap memenangkan Jokowi lagi. "Siap dimenangkan?" tanya Megawati sambil angkat tangan dengan bergaya metal.

Para kader yang mendengar itu pun berteriak siap memenangkan Jokowi di Pilpres 2019.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Respons Jokowi

Presiden Jokowi pun memberikan respons mengenai pengusungannya. Dia juga sempat menghadiri Rakernas PDIP di Sanur, Bali.

"Secara pribadi saya ucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan," kata Jokowi usai membagikan sertifikat di Pura Sakenan, Bali, Jumat (23/2/2018).

Menurut Jokowi, pencalonan dirinya sebagai capres yang akan berlaga di Pemilu 2019 adalah hak prerogatif Megawati Soekarnoputri dalam Rapat Kerja Nasional PDIP di Sanur, Denpasar, Bali.

"Ketua Umum PDIP Ibu Megawati dengan mengunakan hak prerogatif ya yang diberikan kongres partai telah menetapkan kembali saya sebagai calon Presiden 2019-2024," kata Jokowi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • PKB

  • PDIP