Sukses

Khatib Wafat Saat Khotbah Jumat di Masjid Al Falah, Ini Cerita Keluarga

Keluarga sempat tidak percaya, karena di hari itu sang ayah tidak ada jadwal khutbah Jumat.

Liputan6.com, Jakarta - Video seorang khatib meninggal saat memberikan ceramah Jumat di atas mimbar Masjid Al Falah, Jurang Mangu Kota Tangerang Selatan, Banten menjadi viral. Kejadian itu mempunyai kisah haru tersendiri bagi keluarga yang ditinggalkan.

"Beliau meninggal di waktu dan dengan cara yang baik. Itu yang membuat kami tabayyun, abah meninggal dengan khusnul khotimah, kami ikhlas," tutur Rizal, anak bungsu almarhum Ustaz Kholik Sufyan, kepada Liputan6.com, Jumat (23/2/2018).

Rizal pun menuturkan peristiwa yang menggugah hati warganet itu. Saat itu, Jumat 16 Februari 2018, Rizal dan sang ayah salat Jumat di masjid berbeda namun masih di kawasan perumahan yang sama.

Namun, setelah salat, Rizal yang tengah membeli minuman segar di sebuah warung dihampiri jemaah dari Masjid Al Falah. Jemaaah tersebut mengatakan, ayahnya pingsan saat memberikan ceramah dan sudah dalam penanganan di rumah ketua RT setempat.

"Sempat tidak percaya, karena di hari itu tidak ada jadwalnya ceramah. Tapi diingat lagi, beliau ceramah di sana sebagai khatib pengganti," tutur Rizal.

Saat sampai di rumah ketua RT, Rizal melihat ayahnya sudah dalam keadaan mendapat pertolongan RJP atau pacu jantung. Namun, tidak ada tanda-tanda baik ataupun pulih.

"Saat itu saya terus bimbing, bisikin syahadat," kata Rizal.

Setelah lima hingga 10 menit kemudian, Ustaz Kholik dibawa ke RS Premier Bintaro. Namun belum sampai di rumah sakit yang dituju, Rizal melihat ayahnya sudah berhenti bernapas. Hal itu dibenarkan dokter sesaat sampai di IGD.

"Abah dinyatakan meninggal dunia," ujar Rizal.

Rizal bersama keluarga dan jemaah Masjid Al Falah membawa kembali jenazah Ustad Kholik ke rumah duka. Namun sebelum dimandikan, Rizal sempat berbicara kepada pengurus masjid apakah ada rekaman CCTV yang memperlihatkan detik-detik abahnya meninggal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terekam CCTV

"Ternyata ada, tapi tidak dari awal hanya detik-detik abah jatuh saja. Dan langsung digantikan oleh ustad pengganti," ujar Rizal.

Namun dia tidak menyangka, ternyata video tersebut malah viral di dunia maya dan media sosial.

"Tapi kalau memang viralnya video tersebut untuk memberi banyak pelajaran, diambil hikmahnya dan banyak yang mendoakan, Insyaallah kami sekeluarga ikhlas," ujar Rizal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.