Sukses

BMKG: Cuaca Ekstrem Akan Landa Sejumlah Daerah hingga 26 Februari

BMKG meminta masyarakat untuk tetap waspada cuaca ekstrem.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan, dalam tiga hari ke depan atau 26 Februari 2018, sejumlah wilayah di Indonesia akan dilanda cuaca ekstrem. Kondisi ini dipicu oleh beragam fenomena.

Menurut Kepala Bagian Hubungan Masyarakat BMKG Hary Tirto Djatmiko, fenomena itu di antaranya karena adanya pola angin baratan yang cukup kuat.

Selain itu, juga didukung pola daerah pertemuan angin (konvergensi) hingga memicu skala atmosfer skala lokal maupun lebih luas di sekitar lokasi bencana serta kondisi uap air dan kelembapan udara yang cukup tinggi.

Dalam beberapa hari ke depan, lanjut dia, suplai uap air sebagai pendukung pertumbuhan awan hujan di wilayah Sumatera, Jawa, dan Kalimantan relatif tinggi

"Diprakirakan potensi hujan masih terus meningkat dalam 3 (tiga) hari ke depan," ujar Hary kepada wartawan, Jakarta, Jumat (20/2/2018).

Daerah yang akan dilanda cuaca tersebut adalah Sumatera, Jawa, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Papua.

Hary menambahkan, besarnya pengaruh lokal dan tingginya pemanasan mengakibatkan hingga akhir Februari memicu peningkatan intensitas hujan lebat yang memungkinkan disertai kilat/petir dan angin kencang.

"BMKG mengimbau agar masyarakat tetap waspada potensi genangan, banjir, maupun longsor bagi yang tinggal di wilayah berpotensi hujan lebat terutama di daerah rawan genangan, banjir, banjir bandang, dan longsor," kata Hary.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.
    Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.

    Cuaca Ekstrem