Sukses

Alasan PDIP Usung Tema Pembangunan Berdikari dalam Rakernas

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto menjelaskan, tema rakernas adalah Pola Pembangunan Berdikari untuk Indonesia Raya.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan mulai menggelar rapat kerja nasional (rakernas) pada Jumat 23 Februari 2018 besok. Sekretaris Jenderal atau Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menjelaskan, tema rakernas adalah Pola Pembangunan Berdikari untuk Indonesia Raya.

Tema ini sengaja dipilih guna memberikan arah terhadap prioritas pembangunan bangsa dan negara yang seharusnya bertumpu pada jalan pembumian Pancasila, dengan menggelorakan harkat dan martabat bangsa, dan percaya pada kekuatan bangsa sendiri.

"Bangsa Indonesia dibentuk dengan cita-cita besar, mewujudkan masyarakat adil dan makmur, suatu tatanan yang hanya terbentuk apabila kita berdaulat, berdikari, dan bangga dengan kebudayaan kita sendiri,” ujar Hasto dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com di Jakarta, Kamis (22/2/2018).

Menurutnya, ada bermacam-macam hal yang akan dibahas dalam rakernas PDIP tersebut. Di antaranya adalah hal-hal strategis terkait pelaksanaan Pilkada Serentak 2018, juga konsolidasi Partai dalam rangka Pileg dan Pilpres 2019.

Selain itu juga, kata Hasto, akan membahas hal-hal berkaitan dengan konsepsi Pola Pembangunan Berdikari.

Dia menjelaskan, apa yang dibahas sebagai Pola Pembangunan Berdikari nanti akan menjadi dasar bagaimana partai mengelola pemerintahan negara dari pusat hingga ke provinsi, kabupaten kota, hingga di tengah rakyat.

"Konsepsi tersebut menjadi guideline policy yang dijabarkan seluruh kader partai di Pemerintahan. Contoh sederhana, bagaimana Indonesia berdaulat di bidang pangan, dijabarkan dalam pembangunan berdikari tersebut," papar Hasto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tunjuk Panitia

Demi terselenggaranya acara, Hasto mengatakan sudah menunjuk panitia-panitia yang dipercaya dapat menyelenggarakan rakernas ini.

Seluruh persiapan Rakernas, kata dia, dipimpin oleh I Wayan Koster sebagai Ketua OC, Sukur Nababan sebagai Ketua SC, dan Prananda Prabowo sebagai salah satu Pengarah Panitia.

"Mas Prananda memerhatikan tidak hanya substansi ideologis dari setiap materi yang disampaikan," ucapnya.

Hal-hal terkait Rakernas yang diselenggarakan secara tertutup tersebut juga, menurut Hasto, hingga hal detail terkait pemasangan bendera pun tidak luput dari perhatian.

"Keseluruhan materi Rakernas menunjukkan perhatian PDIP terhadap watak politik ideologis yang membangun peradaban," tutur Hasto.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.