Sukses

Besok UN SMP Digelar

Beragam upaya dilakukan agar tak terjadi kecurangan dalam pelaksanaan ujian. Salah satunya dengan menjaga ruang penyimpanan soal dan tim pengawas independen.

Liputan6.com, Jakarta: Ujian Nasional (UN) siswa sekolah menengah pertama dimulai Senin (25/4) besok. Naskah soal UN telah didistribusikan ke masing-masing rayon dan dijaga ketat 24 jam dengan melibatkan kepolisian setempat.

Kepala SMPN 11 Jakarta Haryadi mengatakan, naskah UN tingkat SMP di Jakarta telah didistribusikan sejak Minggu pagi ke 22 subrayon yang tersebar di lima penjuru Ibu Kota. Beragam upaya dilakukan agar tak terjadi kecurangan dalam pelaksanaan ujian. Salah satunya dengan menjaga ruang penyimpanan soal dan tim pengawas independen.

Panitia juga membuat lima jenis soal yang berbeda dan satu soal cadangan untuk setiap mata pelajaran. Dengan begitu dalam satu kelas hanya beberapa siswa yang mendapat soal sama. Pelaksanaan UN tingkat SMP dan sederajat di Jakarta diikuti 135.196 siswa dari 1.229 sekolah.

Sehari menjelang UN, ratusan siswa SMP di Makassar, Sulawesi Selatan, menggelar doa bersama. Mereka berharap bisa menyelesaikan soal dan UN bisa berjalan lancar. Tak sedikit siswa yang menangis saat doa bersama berlangsung.

Suasana serupa juga terlihat di Bangkalan dan Sumenep, Madura. Ratusan siswa SMP terharu saat mengikuti doa bersama. Para siswa berharap bisa mengikuti UN tanpa hambatan.

Sedangkan di Purwakarta, Jawa Barat, distribusi soal UN SMP dijaga ketat polisi. Bahkan, kunci ruang penyimpanan soal UN juga diserahkan kepada anggota kepolisian. Di Kecamatan Sukasari dan Maniis, soal ujian dititipkan di kantor polsek setempat.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini