Sukses

Pulang ke Indonesia, Mata Kiri Novel Baswedan Belum Berfungsi

Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan hari ini pulang ke Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan, hari ini pulang ke Indonesia. Novel pulang usai 10 bulan menjalani perawatan mata di sebuah rumah sakit di Singapura.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, kendati Novel telah diizinkan pulang ke Indonesia, kondisi mata kirinya yang rusak akibat disiram air keras oleh orang tak dikenal pada April 2017 lalu masih ‎dalam keadaan tidak berfungsi. ‎

"‎Novel kembali ke Jakarta dalam proses rawat jalan, dan sebelah matanya (kiri) belum berfungsi (saat ini)," jelas Febri saat dikonfirmasi, Kamis (22/2/2018).

Dia menjelaskan Novel Baswedan masih harus menjalani operasi tahap II untuk mata kirinya pada April 2018. Namun, kata Febri, dokter ahli telah mengizinkan Novel untuk rawat jalan di Jakarta.

"Mata kiri masih harus menunggu operasi tahap II yang di awal direncanakan April 2018 ini. Tapi dari pemeriksaan dua hari terakhir kemarin, perkembangan perawatan cukup bagus," ujar Febri.‎

Sebelumnya, dokter ahli memperbolehkan penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan rawat jalan di Jakarta. Novel pun dijadwalkan akan tiba di Gedung KPK Jakarta Selatan pada siang ini.

"Menurut dokter kondisi baik proses rawat jalan masih bisa dilakukan di Jakarta dan rencana kepulangan sedang diurus oleh tim KPK saat ini. Novel Baswedan akan datang ke KPK, sekitar pukul 13.00 WIB kita akan menunggu di sini," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu, 21 Februari 2018.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Panggung untuk Novel

Febri mengatakan Novel datang ke KPK untuk menyampaikan pesan kepada rekan-rekannya agar tidak mudah menyerah dalam memberantas korupsi. Pimpinan KPK, kata dia, juga akan menjemput Novel ke bandara.

"Novel ingin menyampaikan kepada seluruh teman-teman yang ada pada garis pemberantasan korupsi bahwa kita tidak boleh berhenti atau melambat dalam pemberantasan korupsi meskipun ada serangan seperti itu," jelas dia.

KPK pun menyambut kedatangan Novel dengan menyiapkan panggung.

Pantauan Liputan6.com, panggung tersebut berada di depan lobi KPK. Nantinya, panggung tersebut akan digunakan untuk menyambut kepulangan Novel Baswedan. Selain itu, panggung itu juga akan digunakan untuk menyampaikan ucapan selamat datang kepada mantan Kasatgas e-KTP itu.

"Teman-teman bisa menyampaikan apa yang ingin disampaikan di sana. Masyarakat sipil, media, dan seluruh pihak yang concern," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Kamis (22/2/2018).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.