Sukses

Ibadah Jumat Agung di Jakarta Lancar

Ibadah Jumat Agung di sejumlah gereja yang ada di Ibu Kota dan Tangerang, Banten, berjalan lancar. Pengamanan di areal publik juga terlihat berjalan seperti biasa.

Liputan6.com, Jakarta: Lebih dari 200 personel gabungan diterjunkan mengamankan jalannya ibadah Jumat Agung di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Jumat (22/4). Polisi berjaga-jaga di sekitar pekarangan gereja dan di depan kompleks Masjid Istiqlal. Jemaat yang hendak masuk harus melalui pemeriksaan yang ketat, terutama terhadap barang bawaan.

Ibadah Jumat Agung di Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat Bukit Moria di Pancoran, Jakarta Selatan, juga berlangsung khidmad. Puluhan aparat TNI dan polisi berjaga-jaga di kompleks gereja. Prosesi perjamuan kudus diikuti semua jemaat dengan teratur.

Demikian pula di Gereja Huria Kristen Batak Protestan, Tebet, Jaksel, ibadah Jumat Agung berjalan dengan lancar. Ratusan jemaat mengikuti perjamuan kudus untuk mengingat pengorbanan Yesus Kristus di kayu salib. Pengamanan internal dari HKBP Tebet juga ditambah sepanjang Jumat Agung hingga perayaan Paskah, Ahad mendatang.

Sementara itu, sehari setelah penemuan bom di jalur pipa gas dekat Gereja Christ Catedral di Serpong, Tangerang, Banten, ibadah Jumat Agung di gereja itu berjalan normal. Meski demikian, petugas keamanan melakukan pemeriksaan ketat terhadap seluruh kendaraan dan barang bawaan jemaat. Pihak gereja sendiri tidak mengubah jadwal kebaktian dan ribuan jemaat juga tetap hadir.

Meski Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Djoko Suyanto menetapkan status siaga satu di Jakarta sejak kemarin, pengamanan di areal publik terlihat berjalan seperti biasa. Tidak ada perbedaan mencolok di pusat-pusat perbelanjaan dari hari-hari libur keagamaan sebelumnya. Meski demikian pemeriksaan terhadap para pengunjung terpantau agak diperketat.(ADO)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini