Sukses

Menko Polhukam Sebut Rizieq Shihab Tak Jadi Pulang ke Indonesia

Mantan Panglima TNI itu mengatakan, kabar tentang batalnya kepulangan petinggi FPI tersebut juga sudah diketahui pihak kepolisian.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab batal kembali ke Jakarta.

"Untuk apa (pengamanan)? Karena (Rizieq) enggak jadi pulang," ujar Wiranto di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin 19 Februari 2018.

Mantan Panglima TNI itu mengatakan, kabar tentang batalnya kepulangan petinggi FPI tersebut juga sudah diketahui pihak kepolisian.

"Sudah ada komunikasi antara Habib Rizieq dengan kepolisian," ungkap Wiranto seperti dikutip dari Antara.

Terkait dengan kabar tersebut, Menko Polhukam mengimbau agar masyarakat tidak perlu menyelenggarakan penyambutan, perayaan, atau bahkan mempersiapkan pertemuan khusus dengan Rizieq Shihab.

"Ya sebaiknya enggak ada. Saya kira enggak perlu, karena orangnya enggak ada," tutur Wiranto.

Sebelumnya, beredar kabar bahwa Rizieq Shihab akan pulang ke Indonesia dan sudah akan mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, pada Rabu besok.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dijemput Puluhan Ormas

Ketua Panitia Penjemputan Rizieq Shihab, Eggi Sudjana menjelaskan kepastian kepulangan rekannya. Menurut dia, Rizieq akan mendarat di Bandara Soekarno Hatta pada Rabu 21 Februari 2018 tepat pukul 09.20 WIB.

"Besok informasinya datang, berangkatnya itu (dari Arab) sore sampai sini (Jakarta) pagi. Menurut catatan jam 9.20," kata Eggi kepada awak media di kantornya, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (19/2/2018).

Sebagai ketua panitia, Eggi belum bisa mengalkulasi jumlah massa yang hadir. Dia membuka seluas-luasnya rencana tiap elemen ormas bergabung untuk ikut menjemput Rizieq.

"Data kami mencatat 26 ormas, jumlahnya lebih dari 300 ribu orang, siapa pun boleh ikut asal tertib. Siapa mau jemput silakan, tidak boleh ada yang menghalangi," jelas dia.

Kendati semua sudah terencana, Eggi masih menutup rapat kepastian pulangnya Rizieq. Dia berkilah, keputusan akhir ada di tangan Rizieq.

"Komunikasi terakhir dua hari lalu, kita sendiri masih menunggu, kalau besok siangnya enggak ada (info) bisa aja enggak jadi (pulang) tapi besok informasinya datang," dia menutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.