Sukses

Komunitas Sepeda Fiksi Membagikan Masker

Guna mengantisipasi dampak kabut asap akibat kebakaran lahan gambut, Komunitas Sepeda Fiksi di Pontianak, Kalimantan Barat, membagikan masker kepada warga.

Liputan6.com, Pontianak: Sebanyak tiga ribu masker dibagikan oleh Komunitas Sepeda Fiksi kepada para pengguna jalan di sejumlah kawasan di Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu (16/4). Masker ini dimaksudkan untuk mengantisipasi dampak kabut asap yang bisa membahayakan kesehatan.

"Cuaca di Pontianak sejak beberapa bulan terakhir semakin buruk, bahkan jarak pandang di dalam kota terus menurun. Hal ini disebabkan semakin tebalnya kabut asap yang kini juga mulai memerihkan mata. Meski hujan sudah turun di beberapa tempat namun hal ini tidak mengurangi ketebalan debu dan kabut asap," kata Manda, salah seorang anggota komunitas tersebut.

Menurut dia, saat ini kesadaran masyarakat untuk menggunakan masker masih sangat rendah. Padahal udara di Kota Pontianak, sudah dinyatakan tidak sehat akibat banyaknya partikel debu dari kebakaran lahan gambut. Kebakaran disebabkan aktivitas warga yang membuka lahan dengan cara membakar hutan.(CHR/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.