Kementerian ESDM Lantik Dirjen Baru

  • Ekonomi & Bisnis
  • 0
  • 15 Apr 2011 16:36

Liputan6.com, Jakarta: Menteri ESDM, Darwin Zahedy Saleh, melantik Jarman sebagai Dirjen Ketenagalistrikan dan Dede Ida Suhendra sebagai Dirjen Mineral dan Batubara KESDM. Menurutnya, Pelantikan ini dilakukan setelah presiden menyetujui pemberhentian dengan hormat Budi Indrianto dari jabatan sebagai Deputi Operasi BP Migas dan Jack Purnowo dari jabatan Dirjen Ketenagalistrikan. Pelantikan dilakukan di Kantor Kementerian ESDM Jakarta, Jumat (15/04).

Darwin mengatakan tugas Dirjen Ketenagalistrikan saat ini cukup berat. Sebab dari 59 juta kepala keluarga, baru sekitar 67% yang sudah menikmati listrik. "Artinya masih sekitar 33% yang belum menikmati listrik," katanya.

Keduanya diharapkan dapat menjaga sinergi dengan departemen lain, dan bisa menyediakan pasokan listrik yang murah. Selain itu juga harus dapat meningkatkan rasio elektrifikasi yang sudah dicanangkan pemerintah sebesar 80% pada tahun 2014 mendatang. "Keliatannya kita harus percepat, 15% dalam waktu 5 tahun dengan target setahun 3%. Ini tantangan berat," ungkapnya.

Ditjen yang baru ini juga ditugaskan mensupervisi PLN dengan memperbesar listrik dari pembangkit non BBM, agar biaya produksi listrik terus turun. Jadi, listrik tidak hanya tersedia tapi listrik bisa diakses dan bisa dibayar masyarakat.

"Pasokan listrik sekitar 3 persen rumah tangga listrik tiap tahun hrus ada. Pak jarman koordinasi dengan dirjen yang lain, harus pastikan dengan dirjen minerba untuk batubara atau dirjen migas untuk pasokan gas," jelas Darwin. (ARI)

Terpopuler