Sukses

Sandiaga Minta Jakmania Beri Sanksi Anggota Perusak Stadion GBK

Menurut Sandiaga, berdasarkan laporan dari Direktur Venue dari Asian Games, Stadion GBK mengalami rusak ringan.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengaku prihatin atas tindakan ratusan suporter Persija yang melakukan perusakan di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, saat final Piala Presiden melawan Bali United Sabtu malam, 17 Februari 2018. Sandiaga meminta agar Jakmania memberikan sanksi terhadap anggotanya.

"Saya meminta bahwa yang tertangkap di CCTV itu disebarkan Jakmania kepada masyarakat, dan diberi sanksi khusus untuk Jakmanianya, mereka memberikan sanksi sendiri kepada anggotanya yang tidak disiplin," ujar Sandiaga di Balai Kota Jakarta Pusat, Minggu (18/2/2018).

Menurut dia, berdasarkan laporan dari Direktur Venue dari Asian Games, Stadion GBK mengalami rusak ringan. Selain pagar pembatas yang rusak, beberapa kursi penonton juga mengalami rusak ringan.

"Alhamdulilah kerusakannya ringan, yang jebol Gate 5 (Stadion GBK). Jadi pagar pembatas sama kursi, tapi bukan karena vandalisme tapi karena bautnya lepas," ucap Sandi.

Dia pun berharap tidak ada lagi oknum-oknum yang merusak fasilitas stadion GBK. Sandi meminta kepada semua pihak untuk menjaga Stadion GBK.

"Ini merupakan refleksi bahwa setiap dari kita harus saling mengingatkan, dan tentunya kita bekerja sama dengan panitia," tutur Sandiaga.

Ratusan suporter Persija atau Jakmania menjebol pintu di Stadion Gelora Bung Karno saat menonton final Piala Presiden 2018. Mereka memaksa masuk sehingga pagar dan pintu di Gate 5 jebol.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jebol GBK

Ratusan suporter Persija yang tak memiliki tiket ini berlarian dan menjebol pintu lima Stadion Gelora Bung Karno. Namun ulah para suporter ini dihalau oleh aparat keamanan hingga akhirnya mereka kembali berlari keluar.

Di luar stadion, ratusan suporter melampiaskan kemarahan mereka dengan melempari petugas keamanan. Beberapa suporter lain berusaha menenangkan rekan mereka untuk tidak membuat keributan.

Berkat kesigapan petugas mereka akhirnya berhasil dipukul mundur. Seorang suporter yang dicurigai sebagai provokator diamankan dalam insiden ini.

Sementara itu, pendukung Persija Jakarta menceburkan diri ke kolam di Bundaran Hotel Indonesia usai kesebelasan kesayangannya meraih Piala Presiden 2018. Di partai final, Persija mengalahkan Bali United dengan skor 3-0.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.