Sukses

Cegah Kecelakaan, Sejumlah Bus Tak Laik Jalan Dilarang Beroperasi

Cegah terjadinya kecelakaan di libur Imlek dan akhir pekan, sejumlah bus tak laik jalan terjaring razia di kawasan Lembang, Jawa Barat.

Patroli, Bandung - Demi keamanan masyarakat di libur panjang akhir pekan, tim gabungan dari Dinas Perhubungan dan Polda Jawa Barat menggelar pemeriksaan bus pariwisata di kawasan wisata Lembang, Jawa Barat. Hasilnya, sejumlah bus dinyatakan tidak laik jalan dan dilarang melanjutkan perjalanan.

Seperti ditayangkan Patroli Siang, Sabtu (17/2/2018), tim gabungan dari Dinas Perhubungan, Polda Jawa Barat dan Polres Cimahi menggelar operasi kelaikan bus untuk keamanan masyarakat di libur panjang akhir pekan. Satu demi satu bus yang melintas diperiksa, mulai dari dokumen hingga kondisi kendaraan seperti kemudi, ban, dan rem.

Hasilnya, dari 13 bus pariwisata yang diperiksa, 7 di antaranya dinilai bermasalah. Seperti tidak lengkapnya administrasi bus hingga masalah teknis seperti adanya gangguan pada sistem rem. Karena dinilai membahayakan, bus yang bermasalah dilarang melanjutkan perjalanan.

Pemeriksaan bus pariwisata dilakukan untuk mencegah kecelakaan terjadi di kawasan wisata Lembang yang kondisinya jalannya relatif sempit, serta banyaknya turunan dan tikungan tajam.