Sukses

Malaysia Siap Bantu Bebaskan Kapal Sinar Kudus

Angkatan Bersenjata Malaysia bersedia membantu pemerintah Indonesia untuk membebaskan sebuah kapal dagang Indonesia Sinar Kudus yang di bajak oleh para perompak Somalia di perairan negara tanduk Afrika tersebut sejak 16 Maret lalu.

Liputan6.com, Kuala Lumpur: Angkatan Bersenjata Malaysia bersedia membantu pemerintah Indonesia untuk membebaskan sebuah kapal dagang Indonesia Sinar Kudus  yang di bajak oleh para perompak Somalia di perairan negara tanduk Afrika tersebut sejak 16 Maret lalu.

Seperti dikutip kantor berita Bernama, Panglima Angkatan Bersenjata Malaysia Jenderal Tan Sri Azizan Ariffin, menyatakan pihaknya siap membantu membebaskan Kapal Indonesia tersebut, namun hingga saat ini pemerintah Indonesia belum meminta bantuan dari Malaysia. "Jika kita kebetulan berada di sana, maka kita dapat memberikan bantuan karena Malaysia adalah bagian dari pasukan internasional," kata Jenderal Azizan. Menurutnya, Malaysia selama ini bekerja sama dalam pertukaran informasi dan pelaksanaan operasi internasional di Teluk Aden.

Malaysia memiliki pengalaman dalam menangani pembajakan ketika kapal tanker MISC MT Bunga Laurel dengan 23 awak disandera oleh bajak laut Somalia. Operasi pembenasan sandera yang dilakukan Malaysia berhasil membebaskan ABK kapal tanker tersebut dan menangkap tujuh bajak laut Somalia. (ARI)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini