Sukses

Serak Gulo, Tradisi Unik Warga Keturunan India di Sumatera Barat

Acara unik bernama Serak Gulo ini merupakan tradisi warga keturunan India yang digelar setiap tahun pada bulan jumadil akhir.

Fokus, Padang - Ratusan warga sudah berkumpul di halaman Masjid Muhammadan di jalan Pasar Batipuh, Padang, Jumat sore. Sementara sejumlah pria keturunan India bersiap di atas teras Masjid dengan tumpukan gula pasir yang siap dibagikan pada warga di bawahnya. Acara unik bernama Serak Gulo ini merupakan tradisi warga keturunan India yang digelar setiap tahun pada bulan jumadil akhir.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Sabtu (17/02/2018), gula yang sudah dikemas dalam ukuran kecil seperempat kilo ini diserakan atau dilemparkan ke arah kerumunan warga di depan teras Masjid yang sudah lama menunggu. Warga yang sudah tak sabar pun langsung berebutan mendapatkannya.

Kegiatan ini sekaligus sebagai ajang silaturahmi bagi warga keturunan India di Kota Padang. Sebab mereka selalu membawa anggota keluarga lainnya untuk berkumpul dan memeriahkan acara Serak Gulo.

Gula dikumpulkan dari sumbangan warga keturunan India dari berbagai daerah di Pulau Sumatera. Untuk tahun ini, jumlah gula yang terkumpul mencapai lima ton.

Tidak ada yang tahu sejak kapan tradisi ini mulai dilaksanakan oleh warga keturunan India di Padang. Yang pasti, tradisi itu terkait dengan rasa syukur atas rezeki yang diberikan Tuhan sehingga mereka bernazar membagikan yang manis-manis kepada warga sekitar yang diwujudkan dalam bentuk gula pasir.